Santai

Cemas Hadapi Pertanyaan Toxic Saat Kumpul Keluarga? Ini 5 Tips Cara Hadapinya

Cemas Hadapi Pertanyaan Toxic Saat Kumpul Keluarga? Ini 5 Tips Cara Hadapinya

MOMSMONEY.ID - Ini cara untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan toxic bisa saja ditanyakan saat bertemu dengan keluarga saat liburan Natal.

Liburan Natal adalah momen berharga yang biasa digunakan untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Tak jarang, obrolan basa-basi tahunan juga disampaikan. Seperti menanyakan kapan lulus, kapan menikah, kapan punya anak, dan lain sebagainya.

Bisa menjadi pertanyaan yang dianggap toxic, inilah cara menghadapi situasi tersebut saat liburan Natal nanti versi Momsmoney:

Baca Juga: 4 Minuman Teh untuk Meningkatkan Suasana Hati, Bisa Usir Bad Mood dalam Sekejap

Siapkan diri

Kiat utama adalah dengan menyiapkan diri bahwa pertanyaan tersebut mungkin akan ditanyakan ketika bertemu keluarga besar.

Dengan menyiapkan diri, tentunya persiapan diri untuk lebih tenang menghadapi situasi tersebut juga bisa diciptakan.

Jika diri lebih siap dan tenang, maka jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut bisa disampaikan dengan lebih baik.

Bersikap tenang

Usahakan untuk tetap bersikap tenang ketika berada dalam situasi tersebut. Cobalah untuk tidak tersulut emosi saat menghadapi anggota keluarga yang bertanya hal-hal tersebut.

Tentu saja, tujuan mereka adalah untuk menanyakan kabar tanpa bermaksud untuk menyinggung perasaan. Maka dari itu, usahakan untuk menghadapi dan menjawab pertanyaan dengan tenang.

Jawab pertanyaan

Tentu, kiat selanjutnya adalah untuk tetap menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Agar tidak merusak momen dan kebersamaan saat liburan Natal, coba jawab dengan jawaban yang singkat, padat, dan jelas.

Bila perlu jelaskan sedikit tentang alasan atau progres yang tengah dijalani hingga saat ini, biar anggota keluarga yang lain tidak ikut kepo bertanya lagi.

Baca Juga: Powerful, The Wizard Liz dan 4 Channel YouTube Motivasi untuk Perempuan

Hindari obrolan yang berlarut

Biasanya, situasi tersebut akan membuat seseorang terperangkap dalam obrolan yang berlarut dan menjadi sesi ceramah. Terkadang, hal tersebut bisa menjadi tidak nyaman dan merusak momen saat liburan Natal.

Sehingga, ada baiknya untuk menghindari obrolan yang berlarut dan alihkan diri untuk melakukan kegiatan hiburan atau aktivitas lainnya.

Bergabung dengan gerombolan terdekat

Bergabung dengan anak-anak kecil saat liburan Natal tentu bisa dijadikan salah satu caranya. Sebab, tentu saja pertanyaan tersebut tak akan disampaikan oleh mereka.

Sibuk bermain dengan anak-anak atau gerombolan terdekat, mencari aktivitas lain bersama saudara sebaya, dan menyibukkan diri dengan anggota keluarga dekat lainnya juga bisa dicoba sebagai alternatifnya.

Nah, itulah tadi beberapa tips dari Momsmoney, yang bisa digunakan untuk menghadapi pertanyaan dan situasi toxic saat liburan Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News