HOME, InvesYuk

Cek Yuk, Ini Dia Manfaat Asuransi Perjalanan yang Ditawarkan Aplikasi Traveling

Cek Yuk, Ini Dia Manfaat Asuransi Perjalanan yang Ditawarkan Aplikasi Traveling

MOMSMONEY.ID -  Tentu Anda pernah atau bahkan sering mengalami kendala saat bepergian. Sebutlah mulai dari alat transportasi seperti pesawat terbang terlambat, bagasi Anda hilang di tempat tujuan, hingga, saat Anda tiba di hotel, pelayanan tidak sesuai harapan. 

Nah, jika Anda memesan tiket pesawat dan hotel, biasanya ada penawaran asuransi ketika sudah menentukan pilihan maskapai atau hotel. Sudah tahukah Anda apa saja isi atau manfaat asuransi ini?

Asuransi pada perjalanan pakai pesawat memang sudah meliputi biaya asuransi. Hanya, dalam aplikasi traveling, ada penawaran asuransi seperti perlindungan penuh yang nilai pertanggungannya hingga Rp 500 juta untuk kecelakaan. Di dalamnya ada santunan bagasi hilang, kompensasi keterlambatan, dan lainnya.

Baca Juga: Memilih Asuransi Hotel dan Perjalanan yang Terbaik Lewat Aplikasi Travel

Ada pula, asuransi dengan manfaat terpisah sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, hanya untuk jaminan bagasi atau jaminan agar pesawat tidak terlambat. Preminya pun terbilang murah, mulai Rp 14.000.

Asuransi hotel lebih kepada pertanggungan selama Anda memesan hingga selesai menginap di hotel. Misalnya saja pembatalan hotel. Memang, tidak semua pembatalan dikover. Yakni, pembatalan lantaran ada kebijakan khusus dari pemerintah yang tiba-tiba saja diumumkan bencana alam, meninggal dunia, atau menjadi saksi di pengadilan.

Kemudian, ada juga asuransi untuk barang Anda hilang di hotel atau Anda mengalami kecelakaan selama menginap di hotel. Tak cuma itu, jika Anda tak sengaja merusak atau melanggar aturan, Anda juga bebas dari denda. Misalnya saja kerusakan properti hotel karena ulah anak Anda, kehilangan kunci kamar, hingga tak tahu bahwa tidak diperbolehkan merokok di dalam kamar.

Bahkan, ada yang di dalam polisnya sudah mencakup asuransi rumah yang Anda tinggal selama menginap di hotel itu. Jika terjadi pencurian atau bencana, ada asuransi yang bisa dicairkan. Nilai asuransinya Rp 1 juta. Tapi, jika Anda ingin menambah hingga nilainya Rp 50 juta, maka Anda cukup menambah Rp 25.000 saja.

Menurut Aryawan Eko, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi, penting atau tidak membeli asuransi ini dilihat dari manfaatnya dulu.

"Ternyata, kedua produk asuransi di atas memiliki perlindungan utama untuk kecelakaan diri. Sedangkan manfaat perlindungan keterlambatan dan pembatalan penerbangan, perlindungan bagasi, perlindungan kerusakan barang pribadi adalah merupakan manfaat tambahan," katanya.

Menurut Eko, sebenarnya produk asuransi kecelakaan diri juga dapat dibeli secara tersendiri, tidak harus dalam paket asuransi perjalanan ataupun paket asuransi menginap di hotel. Akan tetapi, asuransi kecelakaan diri yang ditawarkan itu biaya atau preminya termasuk murah sedangkan nilai manfaatnya besar.

"Oleh karenanya, kami sangat menganjurkan masyarakat memiliki asuransi kecelakaan diri, terlebih bagi masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi," ujar Eko.

Namun, jika seseorang sudah memiliki asuransi kecelakaan diri dengan nilai manfaat yang cukup besar, maka asuransi perjalanan dan asuransi menginap di hotel menjadi tidak terlalu penting. Pasalnya, asuransi perjalanan menjadi penting untuk masyarakat yang belum memiliki asuransi kecelakaan diri atau sudah memiliki asuransi terebut tetapi nilai manfaatnya kecil.

Sebagai contoh, manfaat asuransi perjalanan dengan premi asuransi Rp 150.000, jika meninggal karena kecelakaan akan mendapat santunan sebesar Rp 200 juta. Maka, uang santunan ini akan sangat berarti bagi ahli warisnya. Atau di dalam aplikasi tersebut, cukup dengan Rp 32.000, maka asuransi kecelakaan diri bisa sampai Rp 500 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News