Bugar

Cek Sekarang, Ini Makanan Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Bisa Dicoba

Cek Sekarang, Ini Makanan Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Bisa Dicoba

MOMSMONEY.ID - Makanan penurun kolesterol paling cepat dapat dijadikan salah satu cara alami untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Sebab, meningkatnya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Penderita kolesterol tinggi tak perlu khawatir. Momsmoney akan memberikan beberapa rekomendasi makanan penurun kolesterol paling cepat yang bisa Anda coba, melansir dari laman Health Harvard:

1. Ikan berlemak

Mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon beberapa kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan menggantikan daging yang tinggi lemak jenuh dan menyediakan omega-3 yang menurunkan LDL serta trigliserida.

Omega-3 juga melindungi jantung dengan mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami, Mudah Dilakukan lo

2. Oat

Cara sederhana pertama untuk mengurangi kolesterol adalah dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal gandum dingin saat sarapan. Ini memberikan Anda 1 hingga 2 gram serat larut.

Menambahkan buah seperti pisang atau stroberi akan menambah setengah gram serat lagi. Rekomendasi nutrisi saat ini menyarankan asupan 20 hingga 35 gram serat per hari, dengan 5 hingga 10 gram di antaranya berasal dari serat larut.

3. Kacang-kacangan

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang seperti almond, walnut, dan kacang tanah baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi 2 ons kacang per hari dapat menurunkan LDL sekitar 5%, serta memberikan nutrisi tambahan yang mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Lemak Rontok dan BB Turun, Konsumsi Infused Water untuk Diet Ini yuk!

4. Minyak nabati

Menggantikan lemak jenuh dengan minyak nabati cair, seperti canola atau bunga matahari, saat memasak dapat menurunkan LDL.

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, anggur, dan stroberi kaya akan pektin, jenis serat larut yang efektif menurunkan LDL.

6. Makanan diperkaya sterol dan stanol

Sterol dan stanol yang diekstraksi dari tanaman dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Penggunaannya dalam produk seperti margarin dan jus dapat menurunkan LDL hingga 10% dengan asupan 2 gram per hari.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Inilah Khasiat Jus Timun untuk Kesehatan yang Luar Biasa

7. Kedelai

Produk kedelai seperti tahu dan susu kedelai, yang awalnya dikenal sebagai metode efektif untuk menurunkan kolesterol, memiliki efek yang lebih moderat. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari dapat mengurangi LDL sekitar 5% hingga 6%.

8. Jelai dan biji-bijian utuh lainnya

Seperti gandum dan dedak, jelai dan biji-bijian lainnya berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui kandungan serat larut di dalamnya.

9. Terong dan okra

Dua sayuran ini yang rendah kalori ini adalah sumber serat larut yang baik.

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan penurun kolesterol paling cepat yang bisa Anda coba. Selain konsumsi makanan-makanan ini, penting untuk membatasi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans.

Seperti daging berlemak dan produk olahan, untuk mencapai hasil yang optimal dalam mengelola kolesterol Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News