HOME, Hemat

Cek Operator Seluler Paling Kencang di Indonesia

Cek Operator Seluler Paling Kencang di Indonesia

MOMSMONEY.ID - Operator seluler di Indonesia saling bersaing untuk menyuguhkan layanan internet dengan kecepatan maksimal. Hal itu karena kecepatan internet menjadi faktor penting kenapa seseorang memilih operator seluler tertentu.

Dalam data yang ditunjukkan oleh Ookla melalui speedtest, terdapat lima operator seluler yang diperbandingkan. Data kelima operator seluler tersebut menunjukkan kecepatan masing-masing dan menunjukkan skor tertentu. Nah, berikut ini adalah urutan operator seluler tercepat di Indonesia.

Baca Juga: Berhadiah Motor, Pendaftaran Yamaha Generasi 125 Esport Competition 2021 Dibuka

  1. Telkomsel dengan skor kecepatan 28,02
  2. Im3 Ooredo dengan skor kecepatan 26,38
  3. Xl dengan skor kecepatan 20.96
  4. Smartfren dengan skor kecepatan 16,69
  5. 3 dengan skor kecepatan 15,71

​Teknik Penentuan Skor 

Meskipun penghitungan skor kecepatan oleh Ookla cukup akurat, namun harus diperhatikan bahwa penghitungan tersebut berdasarkan chipset perangkat paling modern. Sementara itu, penggunaan jaringan di lapangan akan terpengaruh beberapa faktor lain seperti cuaca dan spesifikasi perangkat.

Selain chipset terbaik, pemberian skor yang dilakukan oleh Ookla didasarkan pada beberapa aspek. Salah satunya adalah kemampuan unduh dan unggah sebuah jaringan seluler. Perhitungan tersebut dilakukan dengan komposisi 90% kecepatan download dan 10% untuk kecepatan upload

Baca Juga: Daftar Harga dan Merk HP 5G di Indonesia

Perhitungan tersebut lebih fokus pada kecepatan unduh karena kecepatan download atau unduh lebih umum digunakan. Perhitungan yang dilakukan oleh Ookla juga mempertimbangkan konsistensi kecepatan. Perhitungan kecepatan tersebut merupakan gabungan dari persentil ke-10, persentil ke-50, dan persentil ke-90. 

Itulah tadi daftar operator seluler paling cepat di Indonesia untuk periode Q2. Data tersebut bisa berubah di periode selanjutnya, apalagi jika yang dipertandingkan adalah jaringan 5G.

Selanjutnya: Harga dan Fitur Nintendo Switch OLED Model

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News