Keluarga

Cek Kembali, Mungkin Ini Penyebab Tagihan Listrik Tiba-Tiba Naik

Cek Kembali, Mungkin Ini Penyebab Tagihan Listrik Tiba-Tiba Naik

MOMSMONEY.ID - Jika Anda pernah heran kenapa tiba-tiba tagihan listrik naik dari bulan lalu, ini saatnya cari tahu penyebab. Mulai dari kebiasaan Anda hingga sumber kenaikan tagihan listrik. 

Anda mungkin kaget saat menerima tagihan listrik yang naik. Padahal, konsumsi listrik selama ini masih sama seperti bulan lalu. Apa yang menyebabkan tagihan listrik tiba-tiba naik? 

Penyebab tagihan listrik yang tiba-tiba naik sebenarnya bisa saja karena beberapa alasan terkait dengan kebiasaan Anda mengonsumsi listrik tanpa disadari.

Baca Juga: Daftar Barang yang Tidak Boleh Anda Simpan Di Bawah Wastafel, Catat

Penyebab tagihan listrik tiba-tiba naik

1. Peralatan elektronik yang rusak

Melansir Free Malaysia Today, penyebab tagihan listrik yang tiba-tiba naik mungkin karena ada peralatan elektronik yang rusak.

Biasanya, peralatan elektronik yang kerap digunakan dan cukup besar seperti mesin cuci dan AC cukup boros listrik. Apalagi, peralatan tersebut rusak, maka akan lebih boros lagi.

Selain itu, peralatan listrik yang rusak juga berbahaya jika Anda diamkan dalam waktu yang lama. Maka penting bagi Anda untuk melakukan perawatan rutin supaya peralatan listrik bekerja dengan optimal. 

2. Peralatan elektronik yang sudah tua

Menggunakan peralatan elektronik melewati masa optimalnya dapat membuat tagihan listrik Anda naik secara signifikan, lo. 

Mungkin Anda pikir selama peralatan tersebut rutin selalu Anda perbaiki dan masih berfungsi, peralatan tersebut masih bisa digunakan. 

Namun, semakin tua peralatan elektronik maka semakin besar konsumsi listriknya. Apalagi, teknologi terus mengalami perkembangan.

Sehingga, memilih alat elektronik baru yang lebih hemat listrik akan membantu menghemat pengeluaran Anda untuk jangka panjang. 

Baca Juga: Hindari Kamar Mandi Bau dan Kotor, Begini Cara Membersihkannya

3. Meninggalkan peralatan elektronik Anda dalam kondisi tersambung listrik

Ini mungkin jadi kebiasaan banyak orang, meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan terhubung dengan listrik saat tak digunakan.

Padahal, kebiasan ini membuat peralatan elektronik Anda beralih ke mode siaga yang artinya masih menarik listrik supaya Anda bisa menyalakan kembali dengan lebih cepat. 

Jadi solusinya, Anda harus membiasakan diri untuk mencabut kabel dari sumber listrik saat alat elektronik tidak digunakan lagi. Kebiasaan ini juga bisa mencegah Anda dari risiko kebakaran karena adanya arus pendek. 

4. Penggunaan alat elektronik yang meningkat karena cuaca

Ternyata saat cuaca panas, tagihan listrik Anda juga bisa semakin panas alias meningkat signifikan. Kenapa demikian?

Di saat cuaca panas, Anda biasanya akan mendingingkan AC atau sering membuka kulkas untuk mengambil air dingin. Nah, menurut para ahli, alat elektronik dengan sistem pendingin seperti AC dan kulkas sering menjadi penyebab kenaikan tagihan listrik. 

Untuk mengurangi konsumsi listrik, Anda disarankan untuk mengurangi frekuensi membukan kulkas dan mengatur suhu AC di sekitar 24-26 Celcius serta mematikan AC saat ruangan sudah dingin. 

Nah, itu tadi beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan tagihan listrik Anda di rumah tiba-tiba naik. Yuk, ubah kebiasaan Anda yang boros energi jadi lebih bijak menggunakan listrik.

Selain itu, sisihkan anggaran untuk merawat peralatan elektronik secara rutin untuk memperpanjang usia penggunaannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News