Santai

Cek, 7 Sifat Golongan Darah AB dan Risiko Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Cek, 7 Sifat Golongan Darah AB dan Risiko Penyakit yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Golongan darah AB adalah golongan darah yang langka. Golongan darah AB bisa menerima donor dari semua golongan darah lainnya. Tipe golongan darah ini bisa memengaruhi sifat golongan darah AB dan risiko terkena penyakit atau kondisi medis tertentu.

Oleh karena itu, ada pula diet khusus golongan darah yang disarankan untuk mengatasinya. Di Indonesia sendiri, dari total 274 juta penduduk, hanya ada sekitar 3 juta orang dengan golongan darah AB.

Baca Juga: 6 Sifat Golongan Darah B dan Diet Sehat untuk Golongan Darah B

Secara umum, golongan darah terbagi menjadi empat jenis, yaitu golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB, dan golongan darah O. 

Penentuan golongan darah tersebut didasarkan atas keberadaan protein atau antigen yang terdapat di sel darah merah, yaitu antigen A dan antigen B. Nah, golongan darah AB adalah golongan darah yang memiliki antigen A dan antigen B. 

Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Thalassemia yang Belum Bisa Disembuhkan

Sifat golongan darah AB 

Tipe golongan darah dipercaya dapat memengaruhi karakter seseorang. Namun, kaitan golongan darah dan sifat orang sebenarnya belum memiliki bukti ilmiah yang sangat kuat.

Selain adanya faktor biologis, karakter orang juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, seperti pola asuh dan pergaulan.

Nah, dirangkum dari laman Gramedia dan Kementerian Kesehatan, berikut adalah sifat golongan darah AB:

Baca Juga: ​7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Pendiam

Sifat golongan darah AB adalah jarang berbicara, namun sekalinya bicara lebih suka berbicara singkat, jelas, dan langsung to the point. Pemilik golongan darah AB termasuk sosok pendiam.

2. Tenang dan dewasa

Sifat golongan darah AB yang pendiam ini membuatnya terkesan lebih dewasa dari pada teman-teman lainnya. Sifat golongan darah AB ini sangat pintar menyembunyikan perasaan. 

Apabila ia terlihat selalu senyum di depan orang, belum tentu dalam hatinya ia sedang bahagia. Bisa jadi ia sedang bersedih namun Ia menutupinya.

Baca Juga: Sifat Golongan Darah O: Kelemahan dan Tokoh Terkenal Bergolongan Darah O

3. Mempunyai perasaan yang sangat lembut

Sifat golongan darah AB juga sensitif dan sangat lembut. Ia mudah berempati kepada orang lain. 

Sifat golongan darah AB juga selalu berhati – hati jika berbicara karena Ia tidak mau orang lain salah sangka kepadanya.

Baca Juga: Kacang Mete Menyebabkan Asam Urat? Cek Nilai Normal Asam Urat Laki-Laki & Wanita

4. Mengutamakan logika

Sifat golongan darah AB yakni mengutamakan logika. Apabila kebanyakan orang lebih mengutamakan perasaan, berbeda dengan golongan darah AB yang selalu berpikir dengan logika. 

Pemikirannya yang rasional pun membuat teman–temannya terbantu. Apabila temannya sedang dalam masalah, maka golongan darah AB ini akan membantu menyelesaikan masalahnya dengan pemikirannya yang rasional.

Baca Juga: Mengenal 7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Suka menolong orang lain

Sifat golongan darah AB juga suka menolong orang lain. Sifat golongan darah AB cinta damai dan tidak bisa melihat orang di sekitarnya kesusahan. 

Selain itu, golongan darah AB ini tidak suka berkompetisi dan mengejar kemenangan. Dari pada saling berkompetisi, ia lebih memilih ketenangan jiwa. 

Maka tidak salah jika pemilik golongan darah AB menjadi mediator terbaik.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Bisa Picu Komplikasi, Ini 10 Buah & Sayur untuk Penderita Diabetes

6. Pelupa

Selanjutnya, sifat golongan darah AB juga pelupa. Menjadi pelupa membuat golongan darah AB terkadang menjadi orang yang linglung. 

Terkadang mereka benar – benar tidak mengingat sesuatu karena mereka tidak memperhatikan dan gampang stres.

Baca Juga: Inilah 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

7. Kritis

Sifat golongan darah AB yakni kritis. Pemilik golongan darah AB sering menanyakan alasan di balik semua tindakan yang terjadi. 

Mereka menjadi kritis dan selalu mendukung argumennya dengan bukti yang faktual yang jelas.

Baca Juga: Daftar 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Sudah Tahu?

Faktor risiko penyakit golongan darah AB

Karena memiliki antigen A dan antigen B, pemilik golongan darah AB kemungkinan memilki karakteristik yang sama dengan golongan darah A dan golongan darah B. 

Seseorang yang bergolongan darah AB juga dapat menjalani pola makan atau diet golongan darah A dan golongan darah B. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang pemilik golongan darah AB:

Baca Juga: Catat Yuk! Ini 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

1. Risiko terkena penyakit jantung

Sebuah studi mengungkapkan pemilik golongan darah AB berisiko 23% lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan golongan darah B dan golongan darah O.

Penyebab pastinya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga karena tingkat peradangan di pembuluh darah yang lebih tinggi pada golongan darah AB. 

Meski demikian, penyakit jantung tetap bisa dialami siapa saja seiring bertambahnya usia, terlebih bila diiringi pola hidup yang tidak sehat.

Baca Juga: Info Lengkap Tentang Asam Urat, Penyebab, dan Cara Mencegah Asam Urat

2. Rentan mengalami preeklamsia

Wanita bergolongan darah AB diketahui berisiko mengalami preeklamsia ketika hamil, terutama pada wanita yang memiliki tekanan darah tinggi. 

Hal ini cukup berbeda pada wanita dengan golongan darah O yang memiliki risiko lebih rendah mengalami preeklamsia.

Meski studi menyatakan demikian, preeklamsia tetap bisa dipicu oleh faktor risiko lainnya. Seperti hamil di atas usia 35 tahun, menjalani hamil kembar, atau menderita penyakit diabetes atau penyakit ginjal.

Baca Juga: Info Lengkap Tentang Asam Urat, Penyebab, dan Cara Mencegah Asam Urat

3. Perlu membatasi daging merah

Pemilik golongan darah AB tidak memiliki batasan khusus dalam pola makan, karena dapat menjalani pola makan atau diet golongan darah A dan golongan darah B.

Namun, orang dengan golongan darah ini tetap harus mengonsumsi makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang serta mengurangi asupan daging merah karena dinilai berisiko meningkatkan lemak dalam darah dan penyakit jantung.

Demikian sifat golongan darah AB dan risiko penyakit golongan darah AB yang perlu diwaspadai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News