HOME, Keluarga

Cegah Virus, Begini Cara Menggunakan Disinfektan yang Efektif di Rumah

Cegah Virus, Begini Cara Menggunakan Disinfektan yang Efektif di Rumah

MOMSMONEY.ID - Disinfektan menjadi salah satu benda yang banyak diburu masyarakat selama pandemi. Seperti namanya, disinfektan berfungsi untuk mendisinfeksi permukaan rumah dari paparan virus, bakteri, dan kuman yang dapat membahayakan kesehatan.

Walaupun disinfektan sudah umum digunakan di dalam rumah, ternyata masih banyak yang belum memahami cara menggunakan disinfektan yang aman untuk membersihkan rumah.

Padahal, menggunakan disinfektan dengan aman penting untuk memastikan proses disinfeksi dan pembersihan rumah bermanfaat. Jika tidak, semua proses bersih-bersih bakal sia-sia.  

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Polusi Udara di Rumah, Tubuh Makin Sehat!

Untuk mengatasi masalah tersebut, US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengeluarkan panduan menggunakan disinfektan secara aman untuk membersihkan rumah dari bakteri, kuman, dan virus selama pandemi. Simak petunjuk berikut ini!

Sebelum menggunakan disinfektan

  • Selalu ikuti petunjuk penggunaan pada label produk.
  • Jika dibutuhkan, gunakan alat perlindungan diri seperti masker, sarung tangan, atau pelindung mata untuk melindungi diri dari cairan disinfektan.
  • Pastikan ruangan yang dibersihkan dengan disinfektan memiliki sirkulasi udara yang baik. Buka pintu dan jendela untuk memaksimalkan aliran udara yang keluar-masuk.
  • Jika tidak memungkinkan untuk membuka pintu dan jendela lebar-lebar, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk membantu aliran udara di dalam ruangan. Pastikan Anda mengarahkan kipas angin dekat jendela dan tidak menghadap orang lain.

Saat menggunakan disinfektan

  • Gunakan disinfektan seperlunya sesuai petunjuk penggunaan.
  • Jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan selama menggunakan disinfektan.
  • Jangan mencampurkan dua disinfektan yang berbeda atau mencampurkan disinfektan dengan produk lain.
  • Jangan mengonsumsi atau menghirup disinfektan dengan cara apapun, seperti dimakan, diminum, atau bahkan disuntikkan ke tubuh. Disinfektan bukan produk yang didesain untuk sistem tubuh dan akan membahayakan kesehatan bila dikonsumsi.
  • Hindarkan kontak langsung antara kulit dengan disinfektan.
  • Jangan gunakan disinfektan untuk membasuh tubuh atau hewan peliharaan.

Baca Juga: Rumah Bebas Virus, Ini Tips Membersihkan Rumah Setelah Isoman Covid-19

Setelah menggunakan disinfektan

  • Cuci tangan dengan sabun dan air secara menyeluruh selama 20 detik. Pastikan Anda langsung mencuci tangan setelah melepaskan alat perlindungan diri.
  • Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol.
  • Simpan disinfektan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Itulah panduan menggunakan disinfektan yang aman untuk membersihkan rumah dari bakteri, kuman, dan virus yang dapat membahayakan kesehatan saat pandemi.

Pastikan untuk mengikuti seluruh panduan tersebut, ya. Jika proses disinfeksi dilakukan dengan benar, manfaatnya bisa didapatkan secara penuh. Keluarga dan diri sendiri akan selalu sehat dan terhindar dari penyakit.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News