Bugar

Cegah Sejak Dini, Ini 5 Gejala Utama Kanker Serviks yang Harus Diketahui

Cegah Sejak Dini, Ini 5 Gejala Utama Kanker Serviks yang Harus Diketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa gejala utama kanker serviks yang harus diketahui, agar bisa melakukan pencegahan sejak dini sebelum terlambat.

Para wanita sebaiknya selalu jaga kesehatan dari berbagai penyakit yang rentan dialami. Salah satunya adalah kanker serviks. Sel kanker muncul pada bagian serviks atau leher rahim.

Kondisi ini terjadi akibat perubahan atau mutasi sel DNA, sehingga memicu muncul sel abnormal yang tidak terkendali, dilansir dari Cancer Care. 

Penyakit ini jarang menyebabkan gejala yang terlihat di awal perkembangannya, oleh sebab itu tidak banyak orang yang bisa mencegahnnya dengan tepat.

Biasanya, kanker serviks dapat diketahui lebih dini ketika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin pada area reproduksi.   

Sebaiknya waspada terhadap beberapa perubahan fisik maupun kondisi kesehatan yang kamu alami terkait dengan gejala kanker serviks.  

Dirangkum dari Cancer Care dan Health Focus, berikut ini beberapa gejala utama kanker serviks yang harus diketahui, antara lain: 

Baca Juga: Lakukan Mulai Sekarang! Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Kanker Prostat

1. Keputihan yang tidak normal

Gejala utama kanker serviks yang harus diketahui pertama adalah mengalami keputihan yang tidak normal. Ciri-ciri kanker serviks lainnya adalah keputihan yang tidak normal.  

Lendir pada keputihan akan mengalami perubahan warna, memiliki aroma yang tidak sedap atau bau, serta terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina.  

Meski demikian, keputihan yang tidak biasa ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, sehingga Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter saat mengalaminya.  

2. Pendarahan vagina yang tidak normal

Gejala utama kanker serviks yang harus diketahui kedua adalah adanya pendarahan vagina yang tidak normal.   

Ketika menderita kanker serviks, gejala yang biasanya muncul adalah perdarahan yang tidak normal pada vagina.

Perdarahan yang dialami bisa lebih banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya.  

Selain itu, perdaharan juga dapat terjadi di antara periode menstruasi, terjadi pada wanita yang sudah menopause, atau saat sedang berhubungan seksual.   

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Gangguan Sistem Reproduksi yang Rentan Menyerang Pria

3. Sembelit

Gejala utama kanker serviks yang harus diketahui yang selanjutnya adalah sembelit yang berangsur lama tanpa ada penyebab dari hal lain.

Jika kanker serviks telah menyebar hingga ke usus besar, akan berpotensi menyebabkan konstipasi atau sembelit.  

Kondisi ini dapat terjadi saat kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut dan harus segera ditangani, agar sel kanker tidak semakin menyebar.  

4. Mudah lelah

Gejala utama kanker serviks yang harus diketahui yang keempat adalah mudah merasakan lelah. Ciri lain yang akan muncul saat Anda menderita kanker serviks adalah mudah lelah.  

Kondisi ini terjadi akibat perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga tubuh mengalami kekurangan sel darah merah (anemia) yang menyebabkan munculnya rasa lelah.  

Rasa lelah yang dirasakan biasanya akan berlangsung setiap saat dan tidak hilang meskipun Anda telah beristirahat cukup.  

Baca Juga: Catat! Ini 5 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Penderita Gagal Ginjal

5. Kehilangan nafsu makan

Gejala utama kanker serviks yang harus diketahui kelima adalah kehilangan nafsu makan. Ciri-ciri kanker serviks berikutnya adalah penurunan atau kehilangan nafsu makan.  

Hal ini dikarenakan penyebaran sel kanker dapat membuat metabolisme tubuh berubah sehingga berpengaruh terhadap nafsu makan Anda.  

Selain itu, penurunan berat badan drastis yang tidak diketahui penyebabnya, juga perlu dicurigai sebagai gejala kanker.  

Itulah beberapa gejala utama kanker serviks yang harus diketahui agar bisa melakukan pencegahan sejak dini sebelum terlambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News