HOME, Keluarga

Cegah Rayap di Rumah Kayu Anda Dengan Cara Ini

Cegah Rayap di Rumah Kayu Anda Dengan Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang sedang merencanakan atau bahkan sudah tinggal di rumah kayu, pasti sudah memahami bahwa rumah berbahan kayu memiliki risiko kerusakan karena faktor biologis, khususnya rayap.

Memang sudah menjadi rahasia umum jika rayap merupakan musuh terbesar bagi segala hal yang terbuat dari kayu. Pasalnya, serangga yang satu ini seringkali baru diketahui keberadaannya saat sudah menimbulkan kerusakan yang cukup parah.

Mungkin tidak masalah jika yang terkena kerusakan adalah furnitur kayu yang mudah diganti. Namun, bagaimana dengan rumah kayu yang notabene menggunakan kayu sebagai bahan utamanya? Bukannya nyaman ditinggali, penghuninya justru harus tinggal dengan perasaan waswas karena takut rumah rusak atau bahkan roboh akibat dimakan rayap.

Baca Juga: Ingin Tinggal di Rumah Kayu? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir risiko kerusakan rumah kayu karena rayap. Dilansir dari Homify Malaysia, Urban Company, dan ownwoodenhouse.com, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rayap di rumah kayu Anda.

Beri lapisan perlindungan

Langkah preventif pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi lapisan perlindungan pada rumah kayu Anda.

Anda bisa menggunakan cairan pencegah atau pembasmi rayap yang disemprotkan ke seluruh rumah, terutama pada bagian-bagian yang rawan ditempati rayap seperti atap, rangka, dan kusen jendela.

Pastikan sistem drainase dan jalur air lancar

Rayap menyukai lokasi yang lembap, jadi Anda perlu memastikan tingkat kelembapan di rumah Anda cukup terjaga dengan cara mengecek sistem drainase dan jalur air di rumah Anda tidak tersumbat atau bocor, yang dapat menimbulkan genangan air dan memicu kelembapan di rumah.

Selain itu, air dan tingkat kelembapan yang tinggi juga berpotensi menimbulkan lumut, jamur, dan merusak struktur rumah kayu Anda.

Gunakan kayu yang berkualitas

Sebenarnya poin ini simpel, tapi seringkali dilupakan orang-orang. Untuk membangun rumah yang kuat dan minim risiko kerusakan, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan kayu dengan kualitas baik.

Carilah jenis kayu berkualitas tinggi yang cocok untuk struktur rumah kayu Anda. Jadi, Anda dapat membangun rumah kayu yang kuat dan cenderung tahan untuk menghadapi gangguan dari luar, sehingga risiko kerusakan akibat rayap dan sebab lainnya dapat diminimalisir.

Baca Juga: Hadirkan Gaya Japandi pada Rumah Minimalis Anda dengan Cara Ini

Jaga ventilasi dan penerangan rumah

Tidak hanya menyukai kelembapan, rayap juga menyukai tempat yang gelap.

Jadi, untuk menjaga tingkat kelembapan di rumah, atur ventilasi agar sirkulasi udara di rumah dapat berjalan dengan lancar, sehingga dapat mengurangi tingkat kelembapan yang tinggi. Selain itu, buka jendela dan pintu rumah lebar-lebar untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke rumah sebanyak-banyaknya.

Periksa kondisi tanah

Rayap umumnya tinggal di dalam tanah sebelum menyerang rumah. Karena itu, Anda perlu memeriksa kondisi tanah di sekitar rumah kayu Anda untuk memastikan tidak ada rayap. Anda bisa menggunakan cairan pembasmi rayap untuk mencegah rayap datang ke rumah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memberi pembatas fisik antara rumah kayu Anda dan tanah dengan cara menggunakan batu atau semen pada fondasi rumah atau halaman rumah.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kedatangan rayap di rumah kayu Anda. Jika tidak ada rayap, rumah kayu akan lebih nyaman ditinggali, bukan?

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Mencari Inspirasi Rumah Minimalis? Coba Tengok 4 Akun Instagram Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News