HOME, Santai

Cegah PCOS, Kelainan Hormon Wanita dengan Tips Ini

Cegah PCOS, Kelainan Hormon Wanita dengan Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Gangguan menstruasi yang tidak teratur pada wanita ternyata memiliki sebutannya. Polycystic Ovary Syndrome atau disingkat PCOS adalah kelainan hormonal yang menyerang wanita.

Selain itu pertumbuhan rambut yang lebat di area dada, wajah, dan punggung juga menjadi ciri dari PCOS. Berat badan tubuh bertambah dan munculnya jerawat pada wajah juga merupakan gejala PCOS.

Apabila Anda merupakan seorang yang sudah di diagnosis PCOS, maka sangat penting untuk melakukan pemeriksaan rutin dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Baca Juga: Waspada! Terlalu Banyak Kafein Bisa Menyebabkan Aritmia

Berikut ini ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan Anda agar tidak mengalami PCOS yang lebih parah. Cara ini juga dapat dilakukan sebagai pencegahan dini dari penyakit kelainan PCOS.

Tidur yang cukup

Mendapatkan istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk beristirahat. Istirahat 6-8 jam setiap malam akan membantu hormon melatonin untuk dilepaskan. 

Karena melatonin adalah hormone yang penting untuk mengistirahatkan tubuh. Jadi pastikan Anda sudah tidur sebelum pukul 11 malam. Hindari begadang jika memungkinkan.

Stop makanan proses

Makanan kaleng, kemasan, dan makanan instant adalah semua makanan proses yang perlu Anda hindari. Mulailah untuk memakan makanan rumah yang Anda masak sendiri.

Makanan-makanan proses banyak mengandung pengawet dan kandungan zat zat bahaya lainnya yang dapat mengancam dan merusak hormone. 

Baca Juga: Anda Sering Anemia? Sebaiknya Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Rutin

Melansir dari halaman Health Line, makanan yang terbuat dari bahan alami, buah-buahan, dan makanan natural lainnya adalah jenis makanan yang harus Anda konsumsi sehari-hari. 

Pola makan seimbang

Perhatikan asupan makanan Anda. Mulailah konsumsi makanan yang mengandung banyak protein baik. Protein baik terdapat pada kacang-kacangan dan produk gandum alami.

Selain protein, konsumsi lemak baik seperti lemak nabati juga lebih disarankan untuk dikonsumsi. Di samping itu jangan lupakan juga sayur-sayur dan buah-buahan agar pola makan Anda menjadi lebih seimbang.

Disamping hal hal tersebut, sebaiknya Anda juga mulai menghindari makanan-makanan yang menyebabkan inflammatory. Seperti roti, tepung, gula, daging merah, kopi, dan alcohol. Selain itu gaya hidup yang sehat seperti olahraga dan menghindari merokok juga disarankan untuk mencegah terjadinya PCOS yang lebih parah. 

Selanjutnya: Tak Hanya Segar, Semangka Juga Bisa Membunuh Sel Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News