HOME, Bugar

Cegah Kulit Kering Saat Puasa! Ikuti 7 Tips Perawatannya

Cegah Kulit Kering Saat Puasa! Ikuti 7 Tips Perawatannya

MOMSMONEY.ID - Asupan cairan tubuh akan berkurang selama puasa. Sehingga menyebabkan gejala dehidrasi dan memunculkan masalah kulit kering. 

Namun, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit wajah selama bulan puasa. Melansir dari thebodyshop.co.id, berikut tips perawatan wajah saat puasa bantu cegah kulit kering, yaitu: 

1. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Pertama, tips perawatan wajah saat puasa bantu cegah kulit kering adalah mengonsumsi buah dan sayur. Jika konsumsi buah dan sayur tidak tercukupi maka kemungkinan terjadinya kulit kering akan lebih tinggi.

Buah dan sayur bukan hanya membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. Manfaat lain dari buah dan sayur juga baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Buah dan sayur dipercaya mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu kulit menjadi tetap lembab.

2. Rutin Minum Air Putih

Tips perawatan wajah saat puasa selanjutnya yaitu rutin minum air putih. Puasa menjadi kulit menjadi kering dan bibir pecah-pecah. Sehingga, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Cukupilah kebutuhan cairan pada saat waktu berbuka puasa, sahur, dan sebelum tidur. Anda perlu minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Hindari minum secara sekaligus untuk menghindari perut menjadi kembung. Bila cairan dalam tubuh tercukupi maka kulit akan menjadi lembab.

3. Batasi Mengonsumsi Makanan Pedas, Asin, dan Berminyak

Batasi mengonsumsi makanan pedas, asin dan berminyak juga termasuk tips perawatan wajah saat bulan puasa. Makanan pedas, asin, dan mengandung banyak minyak justru bisa membuat Anda cepat haus. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut bisa menyerap cairan dalam tubuh sehingga tubuh mudah haus dan kekurangan cairan, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Detox pada Wajah yang Harus Anda Tahu

4. Batasi Mengonsumsi Minuman Susu, Soda, dan Kafein

Selain makanan, minuman seperti susu, soda dan kafein juga perlu dibatasi. Ternyata terlalu banyak mengonsumsi produk yang mengandung susu bisa memicu munculnya jerawat. Minuman berkafein dan bersoda juga bisa menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga berdampak negatif bagi kulit Anda.

5. Rutin Membersihkan Wajah & Gunakan Pelembab Dua Kali Sehari

Selain perawatan wajah dari dalam, pentingnya juga melakukan perawatan dari luar yaitu rutin membersihkan wajah dan gunakan pelembab dua kali sehari. 

Polusi, paparan sinar matahari, debu, asap kendaraan dan rokok adalah beberapa penyebab wajah mengalami masalah seperti kusam, muncul jerawat dan komedo, flek hitam, kerutan, dan lain-lain.

Disarankan untuk menggunakan pelembab setelah selesai mandi dan sebelum tidur. Selain itu, gunakan masker wajah yang bisa melengkapi kebutuhan kulit Anda. Kemudian, pilihlah produk masker alami yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

6. Hindari Makeup Tebal

Tips perawatan wajah saat puasa berikutnya adalah hindari makeup tebal, terutama di siang hari ketika sedang puasa. Hal ini karena makeup seperti concealer dan foundation yang terlalu tebal tidak bagus untuk perawatan kulit wajah.

Kondisi udara panas, dehidrasi, dan riasan berat bisa menyebabkan jerawat. Gunakanlah produk yang ringan dan melembapkan, seperti krim BB dan lip balm dengan SPF tambahan.

7. Batasi Aktivitas di Luar Ruangan 

Tips perawatan wajah saat puasa bantu cegah kulit kering lainnya yaitu batasi aktivitas di luar ruangan yang langsung terpapar oleh sinar matahari. Oleh karena itu, kulit menjadi kering dan kusam.

Bila memang aktivitas sehari-hari Anda lebih banyak di luar ruangan, gunakan sun protection untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Selain itu, gunakan topi atau payung agar kulit tidak langsung terpapar sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News