HOME, Bugar

Cegah Kanker Payudara dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Cegah Kanker Payudara dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Sehat Ini

MOMSMONEY.ID - Kanker payudara berasal dari sel-sel abnormal pada payudara yang tumbuh membentuk benjolan atau massa, dan dapat dirasakan ketika diraba. Benjolan atau massa tersebut disebut dengan tumor. 

Tumor dibedakan menjadi dua jenis, bersifat jinak atau kanker. Ketika benjolan bersifat kanker, sel-sel abnormal tersebut dapat menyebar ke organ sekitarnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

Baca Juga: 5 Jenis Kanker yang Kerap Menghantui Perempuan

1. Seledri, kemangi, dan ketumbar

Ketiga makanan tersebut mengandung apigenin, yaitu jenis antioksidan flavonoid bersifat antiradang, antioksidan, dan antikanker. Dilansir dari jurnal HHS Public Access, apigenin mampu menekan pertumbuhan sel kanker payudara HER2.

Selain ketiga makanan tersebut, Anda juga dapat mengonsumsi teh chamomile, yang juga menjadi salah satu sumber apigenin.

2. Sayuran berbonggol

Sayuran berbonggol seperti kembang kol, sawi hijau, brokoli, dan kubis hijau menjadi jenis makanan untuk mencegah kanker payudara selanjutnya.

Beberapa jenis sayuran berbonggol tersebut kaya akan antioksidan dan glukosinolat yang dapat melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan DNA.

Senyawa tersebut juga dapat membunuh sel kanker dengan menghambat pembentukan pembuluh darah tumor, sehingga metastasis sel kanker dapat dicegah.

3. Wortel, tomat, dan jeruk

Ketiganya memiliki kandungan tinggi karotenoid, yaitu pigmen berwarna merah, kuning, dan oranye terang. Senyawa tersebut mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas pemicu kanker payudara.

Selain wortel, tomat dan jeruk, buah lain yang direkomendasikan untuk mencegah kanker payudara adalah jambu biji, mangga, tomat, ubi manis, labu, dan semangka.

Baca Juga: Kenali Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

4. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh termasuk beras merah, beras hitam, gandum, jagung, dan sorgum. Seluruhnya menjadi makanan yang tidak melewati banyak proses kimiawi, sehingga nutrisi di dalamnya masih padat dan tidak terkikis.

Sejumlah nutrisi tersebut meliputi karbohidrat kompleks, serat, fitokimia, vitamin, dan mineral. Tingginya kandungan serat dalam biji-bijian utuh mampu mengubah kerja hormon pada pengidap kanker payudara. 

5. Kedelai

Kedelai kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang sangat baik dikonsumsi guna mencegah kanker payudara. Kandungan baik pada kedelai juga meliputi antioksidan bernama isoflavon.

Jika sudah terkena kanker payudara dan rutin mengonsumsi kedelai, risiko kematian pada pengidap dapat diturunkan. Kandungan kedelai sendiri bisa kamu dapatkan dari tahu, tempe, atau susu kedelai.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara. 

Selanjutnya: Daun Sirsak, Tanaman Pembunuh Sel Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News