HOME, Bugar

Cegah Kanker dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Cegah Kanker dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Makanan pencegah kanker sebenarnya serupa dengan asupan yang dianjurkan dalam pola makan sehat, yakni buah, sayur, dan gandum utuh, dilansir dari Mayo Clinic.

Mengonsumsi makanan dan minuman pencegah kanker ini sangat dianjurkan, terutama jika Anda sering mengonsumsi makanan dengan bahan kimia tambahan, seperti pewarna, penyedap rasa, dan pengawet buatan. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah macam-macam makanan pencegah kanker yang baik untuk dikonsumsi.

1. Tomat dan wortel

Sayuran yang juga termasuk dalam daftar makanan pencegah kanker adalah tomat dan wortel. Kedua sayuran ini dapat mengurangi risiko terjadinya kanker prostat dan kanker paru-paru.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Matoa yang Jarang Diketahui

2. Brokoli 

Mengonsumsi brokoli beberapa kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kamu menderita kanker. Ini karena brokoli mengandung sulforaphane yang diyakini bermanfaat sebagai zat antikanker.

Dalam sebuah penelitian, sulforaphane ditemukan dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%, serta menurunkan risiko terjadinya kanker usus.

3. Rempah-rempah

Beberapa contoh rempah-rempah seperti kayu manis dan kunyit bisa menjadi makanan pencegah kanker. Kandungan curcumin dalam kunyit misalnya dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit kanker usus besar. 

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan selada, merupakan sumber beta-karoten dan lutein yang baik.

Penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten dan lutein secara teratur bisa membantu menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Penyakit Kista yang Terjadi pada Laki-Laki

5. Ikan

Beberapa studi membuktikan, mengonsumsi beberapa porsi ikan dalam seminggu saja sudah bisa menurunkan risiko kanker.

Satu studi besar menyebutkan, mengonsumsi ikan lebih banyak dapat menurunkan kanker pada saluran pencernaan.

Ikan seperi salmon hingga kembung memiliki nutrisi penting seperti vitamin D dan asam lemak omega-3 yang sering kali dipercaya dapat menurunkan kanker. 

Selain mengonsumsi makanan sehat juga perlu diikuti dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya, seperti berolahraga secara teratur, beristirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, serta tidak merokok dan membatasi minuman beralkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News