Keluarga

Cegah Jerawat Tambah Parah, Hindari 6 Kesalahan Merawat Kulit Berjerawat Ini ya

Cegah Jerawat Tambah Parah, Hindari 6 Kesalahan Merawat Kulit Berjerawat Ini ya

MOMSMONEY.ID - Bisa memperburuk kondisi jerawat, ini 6 kesalahan merawat kulit berjerawat yang harus dihindari.

Sudah melakukan beragam perawatan tapi jerawat tak kunjung sembuh? Bisa jadi, perawatan yang Anda terapkan keliru.

Mengutip laman Smood Beauty, ada 6 kesalahan merawat kulit berjerawat yang harus dihindari. Apa saja? Berikut uraiannya:

Baca Juga: Lawan Depresi, Ini 5 Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam untuk Kesehatan Mental

1. Membersihkan wajah secara berlebihan

Kesalahan merawat kulit berjerawat yang pertama yaitu membersihkan wajah secara berlebihan. Orang dengan kulit berjerawat cenderung memiliki kulit yang berminyak juga, sehingga pembersihan yang cukup sangat diperlukan.

Bersihkan wajah Anda sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari. Jangan membersihkan wajah lebih dari dua kali karena berpotensi mengiritasi kulit dan menyebabkan kekeringan yang dapat meningkatkan produksi minyak.

Selain itu, pembersihan wajah yang dilakukan secara berlebihan juga bisa merusak skin barrier dan memperparah jerawat.

Jika Anda memiliki jerawat yang aktif, hindari penggunaan produk scrub karena hanya akan memperburuk kondisi jerawat.

Untuk eksfoliasi, gunakan chemical exfoliant dengan kandungan AHA yang lembut seperti lactic acid dan mandelic acid. Sedang untuk menjaga pori-pori tetap bersih, pilihlah eksfoliator yang mengandung salicylic acid.

2. Menerapkan perawatan DIY

Kesalahan merawat kulit berjerawat yang kedua yaitu menerapkan perawatan DIY. Memang, tidak semua perawatan rumahan atau DIY itu buruk.

Namun, kebanyakan dari perawatan jenis ini tidak terlalu efektif. Sering kali, perawatan DIY bisa sangat keras dan sensitif bagi kulit.

Sebelum mencoba perawatan DIY untuk mengatasi jerawat, cari tahu dulu bahan-bahan apa saja yang wajib dihindari untuk digunakan langsung pada kulit. Contohnya, jus lemon, essential oil murni, baking soda, pasta gigi, dan kayu manis.

Sebaliknya, gunakanlah bahan-bahan yang terbukti dan teruji secara ilmiah mampu bekerja efektif untuk mengatasi jerawat.

Baca Juga: Ada Kopi, Inilah 5 Minuman Penyebab Kulit Jerawatan yang Sebaiknya Dikurangi

3. Tidak pakai moisturizer

Kesalahan merawat kulit berjerawat yang ketiga yaitu tidak memakai moisturizer. Hanya karena Anda memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat, bukan berarti Anda tidak memerlukan moisturizer.

Justru, penggunaan moisturizer sangat penting untuk melembabkan serta menyeimbangkan dan mengatur produksi sebum pada kulit.

Untuk orang-orang dengan kulit berminyak dan cenderung berjerawat, pilihlah moisturizer berbahan dasar air yang memiliki formula non-comedogenic.

4. Tidak pakai sunscreen

Kesalahan merawat kulit berjerawat yang keempat yaitu tidak memakai sunscreen. Paparan sinar UV dari sinar matahari dapat merusak penghalang alami kulit dan menyebabkan jerawat mengering, yang pada gilirannya bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak.

Adapun produksi minyak yang meningkat dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

Untuk mencegah jerawat semakin banyak sekaligus mencegah bekas jerawat menggelap dan sulit dihilangkan, pastikan Anda tidak melewatkan penggunaan sunscreen.

Jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali agar efektivitasnya dalam melindungi kulit Anda tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Skincare Skintific untuk Mencerahkan Kulit dan Menghilangkan Noda Hitam

5. Mengaplikasikan terlalu banyak produk

Kesalahan merawat kulit berjerawat yang kelima yaitu mengaplikasikan terlalu banyak produk. Kunci merawat kulit yang berjerawat yaitu menggunakan produk skincare seminim mungkin.

Dengan rutinitas skincare yang sederhana, risiko iritasi dan jerawat tumbuh semakin banyak akan berkurang.

Alih-alih menggunakan banyak produk sekaligus, cobalah untuk menggunakannya satu per satu. Perlahan, tambahkan satu produk lainnya di kemudian hari.

Melalui cara ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui produk mana yang cocok dan mana yang tidak.

Yang terpenting, jangan lewatkan penggunaan basic skincare yang terdiri face wash, moisturizer, dan sunscreen karena ketiga produk inilah yang paling utama.

6. Tidak sabaran

Kesalahan merawat kulit berjerawat yang keenam yaitu tidak sabaran. Tidak ada produk yang mampu menghilangkan jerawat dalam waktu semalam. Pastikan Anda mengingat hal ini baik-baik.

Jadi, bersabarlah saat menggunakan produk tertentu untuk mengatasi jerawat, ya, Moms. Jangan buru-buru menghentikan penggunaannya atau berganti ke produk lain jika hasil yang Anda harapkan tak kunjung terlihat.

Gunakanlah produk jerawat yang Anda miliki setidaknya selama satu bulan. Apabila jerawat Anda terus memburuk setelah satu bulan pemakaian, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter kulit langganan Anda.

Dengan begini, Anda dapat menghindari bekas luka yang tidak perlu dan berlebihan akibat jerawat.

Itulah 6 kesalahan merawat kulit berjerawat yang harus dihindari. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News