Keluarga

Cegah Jerawat, Ini 6 Minuman Peningkat Kadar Bakteri Baik Pada Usus Selain Yogurt

Cegah Jerawat, Ini 6 Minuman Peningkat Kadar Bakteri Baik Pada Usus Selain Yogurt

MOMSMONEY.ID - Beberapa minuman berikut ini baik untuk pencernaan. Sebab, merupakan minuman dan makanan peningkat kadar bakteri baik pada usus.

Saat cuaca berganti-ganti, sistem kekebalan tubuh jadi menurun. Ini membuat mikrobioma usus atau bakteri baik pada pencernaan jadi tidak seimbang.

Bakteri baik yang tidak seimbang ini tak hanya membuat BAB jadi macet, tapi juga membuat Anda sering terkena diare, sakit kepala, hingga jerawat yang mudah muncul.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kentang Goreng Jadi Renyah dan Krispi Seperti Buatan Restoran

Itulah sebabnya Anda harus mengonsumsi sederet makanan & minuman peningkat kadar bakteri baik pada usus untuk memberikan kelegaan pada perut agar tak panas.

Nah, langsung saja simak makanan dan minuman peningkat kadar bakteri baik pada usus yang dilansir dari Times of India dan Healthline selengkapnya.

Air kelapa

Air kelapa

Air kelapa adalah salah satu minuman yang meningkatkan kadar bakteri baik pada usus. Minuman ini punya banyak fungsi yang baik, mulai dari mampu mendinginkan tubuh, menyeimbangkan elektrolit, hingga meredakan sensasi terbakar ketika memakan pedas.

Air kelapa juga tentunya dapat meningkatkan kadar bakteri baik pada usus. Mengonsumsi minuman ini setiap hari mampu membuat sistem pencernaan jadi lancar.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Antasida Alami yang Baik untuk Mencegah Asam Lambung Naik

Makanan prebiotik

Dilansir dari Nutrigold, prebiotik merupakan makanan yang memiliki fungsi sebagai asupan bakteri baik (probiotik) agar jumlahnya dalam tubuh tetap terjaga.

Beberapa makanan peningkat kadar bakteri baik pada usus ini dapat berupa makanan tinggi serat seperti: bawang-bawangan (bawang bombai, bawang putih, daun bawang), pisang, kacang kedelai, gandum, asparagus.

Baca Juga: 5 Cara Mengajari Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini, mulai TK hingga SMA

Buttermilk

Buttermilk merupakan minuman peningkat kadar bakteri baik pada usus. Minum buttermilk 1 gelas setiap hari setelah makan siang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus Anda.

Buttermilk mampu mengontrol panas tubuh sekaligus memberi nutrisi penting bagi tubuh. Minuman ini juga membantu Anda menurunkan berat badan berlebih.

Baca Juga: Lembut dan Bergizi, Ini 7 Jenis Makanan yang Mudah Dikonsumsi oleh Lansia Ompong

Air tebu

Air tebu

Minuman peningkat kadar bakteri baik pada usus adalah air tebu. Air tebu mampu memberikan energi instan pada tubuh selagi mendinginkan perut. Pada proses inilah air tebu dapat membuat bakteri baik dalam perut jadi lebih seimbang.

Tempe

Tempe juga merupakan salah satu jenis makanan peningkat kadar bakteri baik pada usus.

Tempe yang difermentasi mengandung bakteri lactobacilli yang baik untuk pencernaan.

Menurut penelitian yang dilansir dari Healthline, orang-orang yang mengonsumsi makanan fermentasi seperti tempe memiliki bakteri enterobacteriaceae (bakteri jahat pembawa penyakit radang perut) lebih sedikit daripada yang tidak mengonsumsinya.

Baca Juga: 6 Tips Masak Dada Ayam Agar Lebih Empuk dan Matang Merata

Perasan jeruk nipis

Air jeruk nipis madu

Perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air dan sedikit madu/gula mampu membuat tubuh jadi segar kembali sesaat setelah meneguknya.

Baca Juga: Dijamin BPA Free, Ikuti 5 Cara Pilih Kotak Bekal yang Aman untuk Anak

Air ini merupakan minuman peningkat kadar bakteri baik pada usus sekaligus dapat meningkatkan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Demikian sederet makanan hingga minuman peningkat kadar bakteri baik pada usus. Apabila Anda ingin membuat pencernaan lancar, hingga membuat panas dalam tubuh menghilang, coba konsumsi sederet minuman di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News