ads

Cegah Berisik, Begini Cara Mematikan Bunyi Alarm Token Listrik

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 05 Agustus 2022 | 16:30 WIB
Cegah Berisik, Begini Cara Mematikan Bunyi Alarm Token Listrik


MOMSMONEY.ID - Selain listrik pascabayar yang pemakaiannya ditagihkan setiap bulan, ada pula jenis layanan listrik prabayar alias token listrik yang bisa Anda pilih untuk dipasang di rumah.

Dengan layanan ini, Anda bisa membeli token listrik dengan jumlah tertentu, lalu mengisinya kembali jika sudah habis. Jadi, Anda tak perlu membayar tagihan listrik setiap bulan.

Supaya token listrik bisa digunakan, Anda perlu memasukkan kode token yang sudah dibeli ke meteran listrik di rumah Anda.

Selain berfungsi untuk memasukkan kode token, meteran listrik juga memiliki alarm yang akan mengingatkan Anda bila sisa pulsa token sudah menipis.

Baca Juga: Promo OVO Shoptakuler Agustus 2022, Bayar Tagihan Dapat Cashback Rp 200.000

Sekilas, sistem seperti ini memang berguna untuk mengingatkan pengguna listrik prabayar supaya segera mengisi ulang token listrik. Namun, di sisi lain, alarm yang berbunyi juga bisa menjadi masalah.

Pasalnya, alarm ini berbunyi dengan suara yang nyaring sehingga dapat mengganggu ketenangan, apalagi jika Anda tinggal di rumah kos atau area perumahan yang padat penduduk.

Tak suka dengan suara alarm token yang berbunyi terus-terusan? Jangan khawatir, Anda bisa mematikan alarm tersebut.

Tergantung merek meteran listrik Anda, cara mematikannya berbeda-beda. Dikutip dari Kenyans.co.ke dan HomeX, berikut cara mudah untuk mematikan alarm token listrik.

Cara mematikan bunyi alarm token listrik

  • Hexing: tekan 812, lalu ENTER.
  • Conlog: tekan tombol (#) agak lama, atau tekan tombol Backspace 3 kali.
  • Actaris/Itron: tekan tombol ENTER atau Send agak lama.
  • Inhemeter: tekan 016 atau 017, lalu ENTER.

Baca Juga: Promo Tiket.com 4-7 Ags 2022, Nikmati Diskon Hotel Domestik Hingga 30%

Sebagai catatan, kode tersebut berfungsi untuk mematikan bunyi alarm secara sementara. Durasinya pun berbeda-beda untuk setiap merek meteran.

Misalnya, ada jenis meteran yang hanya mematikan bunyi alarm selama 5-10 menit, tapi ada juga yang bisa mematikan hingga 1 jam. Perhatikan durasi bunyi alarm di meteran listrik rumah Anda sebagai referensi ke depannya.

Nah, itulah cara mudah untuk mematikan alarm token listrik yang berbunyi. Supaya tidak terganggu dengan suaranya yang berisik, pastikan Anda segera mengisi ulang token listrik jika sudah mulai menipis.

Selamat mencoba, dan semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER