Catat! Penderita Hipertensi Lebih Baik Tidak Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 17 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Catat! Penderita Hipertensi Lebih Baik Tidak Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi memang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit serius. Namun, hal itu bukan akhir dari segalanya, karena tekanan darah tinggi bisa dikelola dengan baik, agar tidak menimbulkan komplikasi, dikutip Healthline.

Hipertensi pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Akan tetapi, makanan adalah salah satu yang punya pengaruh besar. Salah satu yang mungkin sudah sering Anda dengar adalah asupan tinggi garam. 

Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap normal adalah dengan memerhatikan asupan makanan. Misalnya dengan menghindari makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah hipertenis semakin parah. 

Baca Juga: Jangan Remehkan, Kebiasaan Ini Membuat Berat Badan Anda Cepat Naik

1. Acar

Karena terdiri dari potongan sayuran, seperti timun dan wortel, Anda mungkin mengira bahwa acar menyehatkan. Namun, acar biasanya diberi tambahan garam agar awet, sehingga tidak baik bagi pengidap darah tinggi.

Tambahan garam dalam acar dapat mengendap dalam mentimun, bagaikan spons yang menyerap air.  

2. Makanan yang Dibekukan (Frozen Food)

Frozen food yang mengandung natrium yang tinggilah yang perlu dihindari. Misalnya piza, karena dapat mengandung 700 mg natrium dalam satu potongnya.

Selain sebagai penambah rasa, natrium dalam makanan yang dibekukan juga dapat berguna sebagai pengawet. 

3. Makanan cepat saji

Kadar garam dalam makanan cepat saji (fast food) bisa sangat tinggi. Hal ini terjadi karena garam menjadi syarat penting untuk menambah rasa nikmat.

Di samping itu, makanan cepat saji mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang dapat berisiko meningkatkan kadar kolesterol darah.   

Baca Juga: Selain Menjadi Sumber Energi, Manfaat Jagung Bisa Menyehatkan Mata

4. Kulit ayam

Kulit ayam juga merupakan salah satu makanan yang sebaiknya dihindari pengidap darah tinggi. Alasannya karena kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Terlebih jika diolah dengan cara digoreng.  

5. Alkohol

Sering mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini juga dapat merusak dinding pembuluh darah, serta meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut. 

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pengidap darah tinggi. Selain menghindari makanan-makanan tersebut, penting juga untuk menerapkan pola hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan istirahat yang cukup. 

Selanjutnya: Sebelum Mengonsumsinya, Kenali Risiko Kopi Hijau untuk Kesehatan

Editor: Helvana Yulian
Terbaru