Bugar

Catat! Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Catat! Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

MOMSMONEY.ID - Beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes agar bisa mengurangi gejalanya. Hipertensi adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah melebihi batas normal. 

Hipertensi bisa meningkatnya risiko terhadap stroke, aneurisma atau pelebaran pembuluh darah, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal, dilansir dari Mayo Clinic.

Bagi penderita tekanan darah tinggi, makanan penyebab hipertensi di bawah ini wajib untuk dihindari. Dilansir dari Mayo Clinic dan Healthline, inilah lima makanan yang harus dihindari penderita hipertensi antara lain: 

Baca Juga: Wow, Ini 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Persik untuk Kesehatan Tubuh

Minuman berkafein

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang pertama adalah berkafein. Kafein dalam makanan dan minuman berpotensi menjadi penyebab atau pemicu darah tinggi.

Melansir Healthline, kafein bisa menghambat pelepasan hormon adenosin, yaitu hormon yang bisa menjaga pembuluh darah tetap melebar.

Daging merah

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang kedua adalah daging merah. Untuk penderita hipertensi, hindari mengonsumsi daging merah.

Termasuk daging steak dan disiram saus yang mengandung banyak garam. Makanan penyebab hipertensi ini mengandung banyak lemak sangat tidak baik bagi jantung dan pembuluh darah.

Makanan kalengan

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang ketiga adalah makanan kalengan. Metode pickling atau pengasaman merupakan salah satu cara pengawetan makanan tertua di
dunia.

Bahan makanan kaleng yang diawetkan pasti membutuhkan garam. Garam digunakan sebagai pengawet karena garam menghentikan pembusukan makanan dan membuatnya bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga: Bisa Menurunkan Gula Darah, Ini 5 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Saos tomat

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang keempat adalah saos tomat. Tomat merupakan bahan makanan yang sama sekali tak perlu dihindari oleh para penderita hipertensi.

Diskusikan dengan dokter spesialis terbaik tentang penyebab hipertensi dan makanan apa saja yang harus dihindari pengidap hipertensi atau darah tinggi.  

Gula

Makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang terakhir adalah gula. Makanan pantangan darah tinggi selanjutnya ialah gula.

Menurut sebuah riset, gula, terutama minuman yang mengandung gula tinggi, dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada anak-anak dan juga orang dewasa.

Menurut Healthline, berat badan berlebih dan juga obesitas dapat memengaruhi seseorang untuk mengidap tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita hipertensi yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News