HOME, Bugar

Catat! Inilah Sederet Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Catat! Inilah Sederet Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam urat dapat memunculkan rasa nyeri di bagian persendian yang sangat menyiksa dan mengganggu. 

Serangan nyeri itu dapat terjadi pada siapa saja dan bisa terjadi dalam hitungan bulan maupun hari.  

Itulah sebabnya pengidap disarankan untuk mematuhi makanan pantangan asam urat, termasuk beberapa jenis sayuran yang akan dibahas lebih lanjut setelah ini.  

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

Mengutip Chemocare, beberapa orang mengalami asam urat kronis, yang melibatkan sejumlah serangan yang terjadi dalam waktu singkat. Adapun gejalanya seperti berikut ini:  

1. Sakit nyeri di persendian tubuh  

2. Kekakuan sendi  

3. Kesulitan menggerakkan sendi yang meradang  

4. Kemerahan dan bengkak  

5. Sendi yang mulai melemah  

Sayuran memang tergolong makanan sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, bagi penderita asam urat, ada beberapa jenis sayuran yang justru perlu dihindari, yaitu:  

1. Asparagus

Sayuran yang wajib dihindari penderita asam urat yang pertama adalah asparagus. Asparagus merupakan sayuran yang tinggi folat dan kalium. 

Sayuran ini dapat dimakan panas ataupun dingin, setelah dimasak. Dalam setiap 100 gramnya, terkandung sekitar 23 gram purin dalam asparagus.  

Asparagus juga merupakan salah satu sayuran yang menjadi pantangan makanan asam urat, karena kandungan purinnya cukup tinggi.   

Baca Juga: Selain Nikmat, Inilah Beberapa Manfaat Labu Siam yang Kaya Nutrisi

2. Kembang kol

Sayuran yang wajib dihindari penderita asam urat yang kedua adalah kembang kol. Kembang kol adalah sayuran silangan yang seringkali disajikan dalam campuran capcay atau sebagai lauk.  

Dalam daftar sayuran yang mengandung purin tinggi, kembang kol termasuk pantangan penderita asam urat. Jumlah purin dalam kembang kol adalah 51 gram per 100 gram.  

3. Bayam

Sayuran yang wajib dihindari penderita asam urat yang terakhir adalah bayam. Sayuran berdaun hijau ini tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid.  

Bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purinnya tinggi. Dalam setiap 100 gram bayam, terkandung sekitar 57 gram purin.  

Itulah beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat, karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.  

Selain jenis sayuran itu, pengidap asam urat masih bisa mengonsumsi berbagai sayuran lain, dalam jumlah yang cukup dan imbangi juga dengan jenis makanan lain.  

Agar tidak salah pilih jenis makanan, Anda bisa bertanya pada dokter gizi dan berkonsultasi makanan dan sayuran apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News