HOME, Bugar

Catat! Inilah Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

Catat! Inilah Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Gejala penyakit pada lambung ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang hampir mirip dengan nyeri dada. 

Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah.

Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Inilah Gejala Asam Lambung yang Harus Diwaspadai

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

Penyebab utama asam lambung naik yaitu produksi hormon gastrin yang berlebihan. Gastrin merupakan hormon yang diproduksi oleh sel ‘G’ pada lapisan lambung dan usus kecil bagian atas. 

Hormon ini berfungsi merangsang lambung untuk mengeluarkan asam lambung. Produksi gastrin yang berlebihan juga dapat dipicu oleh beberapa kondisi di bawah ini.

1. Penyakit ginjal kronis

Pasien penyakit ginjal kronis (CKD) lebih mungkin mengalami asam lambung naik. Penyebab pastinya memang belum diketahui. Namun, hal ini mungkin berkaitan dengan ginjal yang tidak berfungsi dengan baik. 

Fungsi ginjal yang tidak normal ternyata berpotensi tidak dapat membersihkan hormon gastrin dengan baik. Hal tersebut dapat memicu peningkatan kadar gastrin yang juga bisa menghasilkan lebih banyak asam dari lambung. 

2. Sindrom Zollinger-Ellison

Sindrom Zollinger-Ellison merupakan penyakit langka. Penyakit ini menyebabkan tumor yang muncul di pankreas dan usus kecil Anda, atau biasa disebut sebagai gastrinomas.

Gastrinomas dapat memicu produksi gastrin berlebih dan menyebabkan asam lambung naik. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung. Simak Penjelasannya!

3. Hipersekresi asam lambung

Salah satu jenis obat untuk menurunkan asam lambung yaitu H2 blocker. Namun, ada kalanya obat ini justru dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

Di lain sisi, berhenti dari terapi dengan penghambat pompa proton (PPI) tiba-tiba juga dilaporkan dapat meningkatkan asam lambung. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut terkait kondisi ini.

4. Infeksi Helicobacter pylori (H. pylori)

Helicobacter pylori merupakan jenis bakteri yang dapat menyerang lapisan yang melindungi lambung.

Bakteri ini juga dapat merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam pada beberapa orang, tetapi belum diketahui apa penyebab pastinya.

Itulah penyebab asam lambung yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News