HOME, Bugar

Catat! Inilah Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi dan Mulut

Catat! Inilah Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi dan Mulut

MOMSMONEY.ID - Memiliki gigi yang sehat, putih, dan bersih adalah dambaan setiap orang. Namun, mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah mengedipkan mata. 

Pasalnya, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang merusak gigi, yang mungkin Anda lakukan tanpa disadari.  

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Everyday Health, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut yang perlu dihindari, antara lain:

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ternyata Salak Memiliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan Anak

1. Konsumsi minuman berenergi setelah olahraga

Kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut pertama adalah konsumsi minuman berenergi setelah olahraga. 

Ternyata minuman energi juga bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan gigi Anda karena memiliki kandungan gula dan asam yang tinggi.  

2. Menggeretakkan gigi

Kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut kedua adalah menggeretakkan gigi. Kebiasaan ini umum disebut bruxism dan bisa merusak gigi.

Penyebabnya dipicu oleh stress dan biasanya terjadi ketika tidur tanpa disadari oleh penderita. 

Biasanya dokter gigi akan memberikan pelindung gigi berupa mouth guard yang dapat digunakan saat tidur untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan yang lebih lanjut. 

3. Makanan manis dan minuman bersoda

Kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut ketiga adalah makan makanan manis dan minuma bersoda secara terus-menerus. Makanan manis adalah musuh nomor satu gigi.

Permen dan minuman soda akan menempel di gigi dan dirubah menjadi asam oleh bakteri yang dapat merusak gigi geligi anda. Hal ini dapat menyebabkan gigi Anda berlubang.

Baca Juga: Penyebab Gusi Bengkak pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

4. Merokok

Kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut keempat adalah merokok. Tak hanya mengganggu kesehatan tubuh, merokok juga dapat merusak gigi, gusi dan mulut.

Hal ini bisa terjadi karena rokok terdiri atas tembakau, tar, nikotin, karbon monoksida, amonia dan zat berbahaya lainnya yang bisa mengiritasi rongga mulut. 

Tidak hanya sekedar iritas, kebiasaan merokok juga sering dihubungkan dengan terjadinya gigi kuning, peradangan gusi atau gingivitis, gusi menghitam, bau mulut, hingga penyakit kanker mulut. 

5. Membuka kemasan dengan gigi

Kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut terakhir adalah membuka kemasan dengan gigi. Kebiasaan ini akan menyebabkan gigi retak atau patah. 

Jika kondisi tersebut terjadi, tindakan penambalan gigi sangatlah diperlukan. Pada kasus yang parah, pasien bahkan perlu mendapat perawatan saraf gigi yang intensif. 

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa merusak kesehatan gigi dan mulut. Jika Anda merasa pernah melakukannya, segera koreksi agar kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga. 

Dan yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk periksa ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News