Catat! Inilah 5 Urutan Skincare untuk Kulit Sensitif

Reporter: Ana Risma
Jumat, 24 September 2021 | 10:20 WIB
Catat! Inilah 5 Urutan Skincare untuk Kulit Sensitif

MOMSMONEY.ID - Para pemilik kulit sensitif diharuskan untuk berhati-hati dalam memilih produk skincare yang hendak digunakan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengaplikasikan sebuah produk skincare pada kulit sensitif terutama menyangkut bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Meskipun begitu, para pemilik kulit sensitif tetap diharuskan untuk merawat kulitnya supaya tetap terjaga kecantikan dan kesehatannya.

Kira-kira, bagaimana sih rutinitas skincare khusus untuk kulit sensitif itu? Melansir Skincare.com, inilah 5 urutannya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Serum Lokal Mengandung Hyaluronic Acid untuk Kulit Dehidrasi Anda

1. Cleanser

Setiap rutinitas skincare haruslah diawali dengan tahapan bersih-bersih menggunakan cleanser. Membersihkan wajah menggunakan cleanser penting dilakukan untuk menyingkirkan kotoran yang menumpuk, polusi, sisa makeup, dan sisa sunscreen yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas.

Sama halnya dengan pemilik kulit kering dan kulit berminyak, para pemilik kulit sensitif juga tidak boleh asal dalam memilih produk cleanser yang akan digunakan. Bagi para pemilik kulit sensitif, sangat disarankan untuk memilih cleanser yang bebas alkohol, bebas pewangi, dan tentunya hypoallergenic. Rekomendasi produk cleanser yang bisa dipilih oleh pemilik kulit sensitif adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

2. Toner bebas alkohol

Toner menawarkan berbagai manfaat termasuk menyeimbangkan ph kulit pasca-cleansing, menenangkan kulit, dan menghilangkan sisa residu atau kotoran pada wajah.

Jenis kulit sensitif dapat mengambil manfaat dari penggunaan toner asalkan harus menghindari toner yang diformulasikan dengan kandungan alkohol tinggi atau bahan astringent. Pilihlah toner yang ringan dengan bahan-bahan menenangkan. Rekomendasi toner yang cocok untuk kulit sensitif adalah COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner dan Studio Tropik Probiome Skin Tonic.

3. Serum

Serum merupakan tambahan yang bagus untuk rutinitas skincare pada jenis kulit apapun. Serum dapat mengatasi permasalahan kulit tertentu seperti kerutan, garis halus, bintik hitam, dan masih banyak lagi.

Untuk kulit sensitif, pastikan serum yang dipilih tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengundang iritasi. Dan, yang paling penting, pilihlah serum yang bersifat calming untuk menenangkan kulit sensitif Moms. Salah satu rekomendasi calming serum yang bisa Moms pilih adalah Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum.

4. Moisturizer

Sesaat setelah mencuci wajah yang mana kulit masih terasa lembab, segeralah untuk mengaplikasikan moisturizer berbentuk gel, krim, atau pelembab berbasis air pada kulit sensitif Moms. Pastikan produk moisturizer yang digunakan bersifat non-comedogenic dan bebas pewangi.

Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik menggunakan moisturizer akan membantu mengurangi risiko iritasi. Salah satu rekomendasi moisturizer yang aman untuk kulit sensitif adalah Erha Gentle Skin Barrier Face Moisturizer.

5. Sunscreen

Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan setiap hari oleh semua jenis kulit. Tidak hanya dapat mencegah kanker kulit, sunscreen juga dapat menangkal kerusakan kulit yang menyebabkan melemahnya skin barrier dan sensitivitas kulit.

Para pemilik kulit sensitif bisa memilih produk sunscreen yang aman serta diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Supaya maksimal, sunscreen ber-SPF 50 sangat disarankan untuk Moms pilih. Rekomendasi sunscreen untuk kulit sensitif yang worth it untuk Moms pilih adalah Innisfree Intensive Triple Care Sunscreen SPF50+ PA++++.

Moms, itulah 5 urutan skincare yang sangat disarankan bagi para pemilik kulit sensitif. Kelima langkah rutinitas skincare tersebut di atas emang tidak jauh berbeda dengan rutinitas skincare pada jenis kulit lainnya, yang membedakan secara signifikan hanyalah jenis produk skincarenya saja.

Apabila kulit Moms bertipe sensitif, jangan lupa untuk menerapkan seluruh tips yang MomsMoney bagikan pada kesempatan kali ini ya Moms. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Inilah 3 Tanda Bahwa Kulit Ikutan Stres Juga, Sudah Tahu?

 

     

Editor: Ana Risma
Terbaru