HOME, Bugar

Catat! Inilah 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Catat! Inilah 5 Makanan yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. 

Hanya saja, kadar kolesterol yang tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, dilansir dari CDC. 

Tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan dengan mengonsumsi berbagai makanan penurun kolesterol.

Baca Juga: Pahami 5 Kebiasaan yang Wajib Dilakukan Penderita Gagal Ginjal

Dilansir dari berbagai sumber, inilah lima makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Kacang-kacangan

Makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh pertama adalah kacang-kacangan. 

Sebuah penelitian Archives of Internal Medicine, membuktikan bahwa kandungan serat pada kacang-kacangan dapat menurunkan kadar kolesterol setelah rutin mengonsumsinya. 

Kandungan kalsium, magnesium, dan kaliumnya juga dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Mereka yang mengonsumsi buncis, kacang merah, kacang panjang, almond selama 6 minggu dengan pengolahan yang tepat sehingga memberikan efek baik. 

2. Alpukat

Makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh yang kedua adalah alpukat. Kandungan beta-sistosterol pada alpukat bisa menurunkan kolesterol.

Melansir Journal of the American Heart Association, rutin mengonsumsi alpukat dapat membantu meningkatkan kolesterol baik pada seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas. 

3. Apel

Makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh ketiga adalah apel. Namun konsumsi apel bersama kulitnya agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal. 

Melansir Harvard Health Publishing, kulit apel mengandung pektin atau sejenis serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Serat larut ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan yang akan dikeluarkan melalui urine atau feses. 

Baca Juga: Wajib Dihindari! Ini 4 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi Pada Remaja

4. Bayam

Makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh keempat adalah bayam. Kandungan vitamin, mineral, dan beragam serat dapat menjaga metabolisme kolesterol dalam tubuh.

Melansir European Journal of Clinical Nutrition, bayam juga memiliki berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

5. Wortel

Makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh kelima adalah wortel. Sayuran yang satu ini dikenal efektif meningkatkan kesehatan mata.

Ternyata, kandungan vitamin A, B, C, dan flavonoid pada wortel juga bisa menurunkan kadar kolesterol, lho.  

Wortel juga mengandung serat (selulosa, hemiselulosa, lignin) yang bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna. Sehingga, kadar kolesterol jahat dalam darah bisa diturunkan. 

Itulah lima makanan yang ampuh menurunkan kolesterol dalam tubuh yang perlu Anda ketahui. 

Supaya kolesterol Anda tetap terkontrol, lakukan tes kolesterol secara berkala sesuai anjuran dokter.  

Selain itu, terapkanlah pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mempertahankannya dalam batas normal, agar Anda terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News