Bugar

Catat! Inilah 5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi

Catat! Inilah 5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Anda Konsumsi

MOMSMONEY.ID - Meski nasi sudah menjadi makanan pokok sehari-hari, tetapi ada sebagian orang yang mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya.

Ada berbagai pilihan makanan pengganti nasi yang bisa dikonsumsi. Tak hanya kaya akan karbohidrat, jenis makanan ini juga mengandung beragam nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa pilihan makanan pengganti nasi yang bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat dan dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi, di antaranya:

Baca Juga: Penuhi Karbohirat Tubuh dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Kentang

Tak hanya kaya akan karbohidrat, kentang juga memiliki banyak nutrisi penting, mulai dari serat, protein, folat, vitamin B6, vitamin C, kalium, omega-3, omega-6, dan zat besi.

Kentang juga dikenal sebagai sumber serat yang baik, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan yang berdampak baik untuk mengontrol berat badan.

Ubi jalar

Makanan pengganti nasi yang satu ini dapat diolah dengan beragam metode, baik digoreng, direbus, dikukus, atau dicampur dengan bahan makanan lain.

Ubi jalar termasuk dalam makanan yang kaya akan beta karoten. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat yang tinggi.

Jagung

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, jagung bukanlah makanan asing. Jagung bahkan sudah menjadi santapan sehari-hari pengganti nasi yang dikonsumsi secara turun-menurun.

Di dalam 100 gram biji jagung terdapat 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, dan vitamin B9 atau folat.

Baca Juga: Ingin Menjaga Kesehatan Kulit? Konsumsi 5 Makanan Ini Secara Rutin

Singkong

Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah singkong. Singkong merupakan salah satu jenis makanan pengganti nasi yang mudah ditemukan. 

Tanaman umbi ini mengandung beragam nutrisi yang tak kalah penting dari nasi, seperti serat, protein, vitamin B, vitamin C, magnesium, kalium, selenium, dan zat besi.

Bahkan, singkong juga dipercaya dapat mengobati dehidrasi, kelelahan, dan sepsis atau infeksi darah. Namun, hal-hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitasnya.

Nasi merah

Nasi merah adalah salah satu makanan pengganti nasi putih yang paling sering dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet.

Nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang tinggi protein, serat, antioksidan, dan flavonoid dan bermanfaat membantu mengurangi peradangan serta menjaga kadar radikal bebas.

Mengonsumsi makanan pengganti nasi bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta bisa membuat menu harian lebih bervariasi.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi menu makan harian yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News