HOME, Keluarga

Catat! Inilah 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kulit Wajah Semakin Kering

Catat! Inilah 5 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Kulit Wajah Semakin Kering

MOMSMONEY.ID - Beberapa orang dilahirkan dengan kulit yang jauh dari kata lembab. Berbeda dengan kulit dehidrasi yang biasanya terjadi sementara, jenis kulit kering bertahan selamanya dikarenakan faktor keturunan.

Dan, sama halnya dengan kulit berminyak, kulit kering juga harus dirawat secara khusus. Baik dari segi metode perawatan hingga formula produk yang digunakan, setiap detailnya harus benar-benar diperhatikan.

Dilihat dari metode perawatannya, ternyata ada lho beberapa kebiasaan dalam merawat kulit kering yang dianggap benar namun nyatanya justru merugikan kulit. Nah, supaya tidak keliru, yuk simak 5 kebiasaan yang umum terjadi namun berisiko menyebabkan kulit wajah yang sudah kering menjadi semakin kering sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Tanda Eksfoliasi Wajah yang Anda Lakukan Berlebihan, Hentikan Sekarang Juga!

1. Membersihkan wajah secara berlebihan

Meskipun membersihkan wajah merupakan bagian penting dari rutinitas skincare, namun pembersihan yang dilakukan secara berlebihan berisiko merampas kelembaban alami kulit. Ketika kelembaban kulit alami menghilang, kulit pun akan mudah mengalami kekeringan.

Jika jenis kulit Moms memang kering, sangat disarankan bagi Moms untuk menggunakan produk cleanser yang mengandung formula melembabkan. Cleanser dengan kandungan susu menjadi salah satu pilihan cleanser terbaik yang bisa Moms gunakan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh sekaligus menambah kelembaban yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

2. Tidak menggunakan moisturizer

Hingga sekarang, masih banyak orang yang melewatkan penggunaan moisturizer dalam rutinitas skincare mereka. Padahal, moisturizer wajib hukumnya untuk digunakan apabila seseorang menginginkan kulit mereka terbebas dari kekeringan.

Sebisa mungkin, jangan menunggu kulit menjadi kering dulu untuk menggunakan moisturizer. Mulai dari sekarang, segeralah untuk mengaplikasikan moisturizer sesaat setelah mandi untuk mengunci kelembaban alami kulit yang sedikit berkurang akibat siraman air dan sabun.

3. Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi yang dilakukan secukupnya terbukti mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati sekaligus membuka pori-pori. Ketika Moms rajin melakukan eksfoliasi, kulit bercahaya pun akan mudah untuk didapatkan.

Sebaliknya, apabila Moms terlalu sering melakukan eksfoliasi, tidak hanya sel-sel kulit mati yang akan menghilang melainkan sel-sel kulit yang masih sehat juga akan ikut terangkat. Selain itu, eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan juga akan menghilangkan kelembaban sehingga kulit akan menjadi semakin kering. Agar hal-hal yang merugikan tidak terjadi pada kulit Moms, pastikan untuk melakukan eksfoliasi 1-2 kali saja dalam seminggu dan jangan lupa untuk langsung menggunakan moisturizer usai eksfoliasi.

4. Mandi air panas

Mandi air panas memang menggoda untuk dilakukan usai lelah beraktivitas seharian. Meskipun begitu, mandi menggunakan air panas tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh orang-orang yang terlahir dengan kulit kering.

Apabila Moms memaksakan untuk mandi air panas dengan sering padahal kulit Moms bertipe kering, maka minyak esensial alami yang ada pada kulit akan menghilang dan kekeringan pada kulit akan semakin parah. Pada akhirnya, kulit akan mudah gatal dan iritasi akibat terlalu kering. Semisal Moms tidak bisa mandi selain menggunakan air panas, Moms tetap bisa melakukannya asalkan tidak melebihi 10 menit.

5. Kurang minum

Air tidak hanya berguna untuk menghidrasi tubuh melainkan juga kulit terutama ketika cuaca di luar sedang dingin. Oleh sebab itu, kebiasaan minum air dengan cukup setiap hari haruslah dipraktikkan supaya kulit senantiasa sehat. Apabila Moms malas minum air, kulit khususnya yang bertipe kering pun akan kesulitan untuk terpenuhi kebutuhan hidrasinya.

Jadi, pastikan untuk rajin minum air setidaknya 8 gelas per hari ya.

Nah, selain cukup minum air, makanan yang kaya lemak sehat seperti salmon dan kenari juga patut lho untuk Moms konsumsi dengan sering. Pasalnya, makanan sehat seperti ini dapat membantu meningkatkan kapasitas penahan kelembaban kulit.

Selanjutnya: 4 Tips Dasar Contouring Wajah yang Perlu Diketahui oleh Para Pemula Makeup

Moms, itulah 5 kebiasaan kurang baik yang sebaiknya dihindari atau dihentikan guna mencegah kulit wajah yang sudah kering menjadi semakin kering lagi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan setiap saran yang ada di dalam tulisan ini ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News