Bugar

Catat! Ini Sederet Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

Catat! Ini Sederet Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Sederet manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui dan bisa Anda rasakan manfaatnya jika dikonsumsis secara rutin.

Ada banyak manfaat sawo bagi kesehatan tubuh di balik cita rasanya yang manis, seperti menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

Buah sawo kaya kandungan serat, vitamin C, vitamin A, niasin, dan folat. Sawo juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor dikutip dari Mayo Clinic.

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

1. Mencegah kanker

Manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mencegah kanker. Kandungan polifenol dalam sawo memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antikanker yang baik.

Jika dimakan secara teratur bersama dengan makanan sehat lainnya, kandungan polifenol dalam sawo dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. 

2. Melawan radikal bebas

Manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah melawan radikal bebas. Sawo mengandung vitamin C yang juga memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan ini bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh guna melawan radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu timbulnya berbagai penyakit serius. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan karoten pada sawo diyakini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Sifat antiinflamasi karoten ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk pada pembuluh darah jantung, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Luar Biasa! Inilah Sederet Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sawo memiliki kandungan serat yang lebih tinggi.

Selain dapat melancarkan buang air besar, kedua nutrisi ini berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan bakteri baik dan melawan bakteri yang dapat membahayakan pencernaan.

5. Menurunkan kadar gula tubuh

Manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah menurunkan kadar gula darah. Kandungan polifenol yang tinggi dalam sawo dapat merangsang pengeluaran hormon insulin.

Itulah beberapa manfaat sawo untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News