Bugar

Catat! Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Catat! Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil sangat beragam. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

Melengkapi kebutuhan nutrisi saat hamil wajib dilakukan untuk menjaga agar janin sehat dan bisa tumbuh dengan baik.

Namun, ada pula beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Ada makanan tertentu yang bisa membahayakan janin di dalam kandungan. 

Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil, menurut American Pregnancy Association (APA)antara lain: 

Baca Juga: Moms, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama Masa Kehamilan

1. Telur mentah

Telur mentah harus dihindari karena berpotensi terkena bakteri salmonella.

Beberapa saus caesar buatan sendiri, mayones, es krim, atau custard buatan sendiri, serta saus hollandaise dibuat dengan telur mentah. 

Namun, es krim, dressing, dan eggnog yang diproduksi secara komersial dibuat dengan telur yang dipasteurisasi, dan tidak meningkatkan risiko salmonella. 

2. Makanan laut asap

Makanan yang harus dihindari ibu hamil kedua adalah makanan laut asap. Namun, makanan laut asap kalengan atau yang aman disimpan di rak, biasanya baik untuk dimakan. 

Makanan laut asap atau smoked seafood dalam lemari es yang sering diberi label sebagai lox, nova style, kippered, atau jerky harus dihindari karena dapat terkontaminasi bakteri listeria.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 5 Risiko Kehamilan di Atas 30 Tahun

3. Daging mentah atau kurang matang

Selalu pastikan daging yang ibu hamil konsumsi sudah matang. Hal ini sangatlah penting, karena daging yang belum matang dapat mengandung kuman berbahaya. 

Ketika masuk ke dalam tubuh ibu hamil, kuman tersebut bisa menimbulkan penyakit, misalnya, listeria yang dapat membahayakan janin maupun ibu hamil sendiri. 

4. Ikan mentah atau kurang matang

Makanan yang harus dihindari ibu hamil terakhir adalah ikan mentah atau kurang matang. Jika ibu hamil gemar mengonsumsi sushi, sebaiknya hindari dulu makanan ini selama hamil.

Mengonsumsi ikan yang dimasak setengah matang dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami infeksi. Ibu hamil tetap bisa mengonsumsi ikan asal dimasak dengan matang. 

Untuk memastikannya, konsultasikan langsung dengan dokter kandungan. Dokter akan memberitahu makanan apa saja yang harus dihindari selama hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News