Bugar

Catat! Ini Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Catat! Ini Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

MOMSMONEY.ID - Buah memanglah makanan sehat yang kaya manfaat. Akan tetapi, penderita asam urat harus selektif dalam memilih buah untuk dikonsumsi. Ternyata ada sejumlah buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat karena tinggi purin dan fruktosa.

Dikutip dari laman Dokter Sehat dan Very Well Health, inilah sejumlah buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat:

1. Anggur

Anggur, meskipun merupakan sumber antioksidan yang baik, juga mengandung fruktosa dan purin yang relatif tinggi. Kandungan fruktosa dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh, sedangkan purin dapat diubah menjadi asam urat setelah proses metabolisme.

Karena alasan ini, konsumsi anggur oleh penderita asam urat sebaiknya dibatasi untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Khasiat Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol serta Cara Membuat Rebusannya!

2. Pisang

Pisang sering kali dianggap sebagai buah yang aman untuk dikonsumsi dalam berbagai kondisi kesehatan. Namun, bagi beberapa penderita asam urat, pisang mungkin perlu dikonsumsi dengan hati-hati.

Meskipun pisang memiliki kandungan purin yang lebih rendah dibandingkan buah lain, pisang yang sangat matang mengandung fruktosa yang lebih tinggi yang bisa meningkatkan risiko peningkatan asam urat.

3. Durian

Durian, yang dikenal dengan rasa dan aroma khasnya, memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Purin adalah zat yang ketika dicerna oleh tubuh dapat meningkatkan produksi asam urat. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengalami asam urat, sangat disarankan untuk menghindari atau membatasi konsumsi durian agar tidak memicu peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Inilah Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

4. Rambutan

Rambutan juga termasuk buah yang perlu dihindari oleh orang dengan kondisi asam urat. Meskipun buah ini populer dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, rambutan mengandung kadar gula alami yang cukup tinggi. Selain itu, rambutan dapat memiliki efek mirip alkohol, khususnya jika dikonsumsi dalam kondisi yang terlalu matang, yang bisa berisiko bagi individu dengan asam urat.

5.Nanas

Nanas, buah yang kaya akan vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya, juga memiliki kandungan fruktosa yang relatif tinggi. Bagi sebagian orang, konsumsi nanas bisa memicu peningkatan kadar asam urat.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Kematian, Waspada Penyakit Leptospirosis atau Kencing Tikus

6. Tomat

Tomat mengandung purin, zat yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi tomat dapat mempengaruhi peningkatan kadar asam urat.

7. Mangga

Mangga adalah buah tropis yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, tetapi juga mengandung fruktosa dalam jumlah yang cukup tinggi. Fruktosa dapat memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak asam urat.

Baca Juga: Mulai Jaga Kebersihan, Ini Cara Mencegah Penyakit Leptospirosis atau Kencing Tikus

Itulah sejumlah buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat. Jika ingin konsumsi buah, sebaiknya Anda konsumsi buah-buahan lain yang rendah purin dan fruktosa. Semoga bermanfaat, ya!

Selanjutnya: PPN Berpotensi Naik Jadi 12%, Begini Tanggapan Toyota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News