Santai

Catat! Ini Daftar Belanja Makanan Penambah Massa Otot, Wajib Beli Saat Belanja

Catat! Ini Daftar Belanja Makanan Penambah Massa Otot, Wajib Beli Saat Belanja

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa daftar belanja dan makanan yang harus Anda miliki saat ingin membangun massa otot.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi ketika ingin membangun massa otot. Dari mulai protein, karbohidrat, hingga lemak.

Berikut ada beberapa daftar makanan yang wajib dibeli saat berbelanja ketika dalam program membangun massa otot:

Baca Juga: 8 Essensial Oil yang Bisa Bantu Mengatasi Kecemasan, Coba Hirup Salah Satunya!

Protein

Protein merupakan hal yang paling penting untuk membantu membangun massa otot. International Society of Sport Nutrition (ISSN) dalam laman Medical News Today menyarankan, agar mengonsumsi sebanyak 1,4 -2,0 gram protein per kilogram dari berat badan tubuh setiap hari.

Jika memiliki aktivitas yang lebih aktif dan padat, maka sebaiknya mengonsumsi 3 gram protein per kilogram dari berat badan setiap hari.

Jenis protein yang bisa dibeli atau dikonsumsi adalah ayam, putih telur, tahu, telur, ikan, dan juga jenis daging dengan kadar lemak sedikit.

Karbohidrat

Melansir dari laman Health Line, selain makanan dengan tinggi protein, karbohidrat dan juga lemak juga diperlukan tubuh untuk membangun massa otot dan menjadi sumber energi.

Baca Juga: Bisa Latihan di Rumah, Coba Rekomendasi 4 Channel YouTube Dance Workout Ini

ISSN juga menyarankan agar mengonsumsi 45%-55% karbohidrat dari kebutuhan kalori harian. Sebab, karbohidrat berguna sebagai sumber energi untuk melakukan olahraga dalam program fitness.

Contoh karbohidrat baik yang bisa dibeli untuk membangun massa otot adalah nasi, kentang, pasta, oatmeal, quinoa, roti, dan juga buah-buahan.

Lemak

Lemak yang dimaksud adalah lemak baik yang memiliki fungsi juga sebagai sumber energi. Terutama, bagi yang ingin memiliki daya tahan kuat saat melakukan latihan.

Lemak baik juga bisa membantu untuk meningkatkan massa otot melalui kalori surplus yang kerap dilakukan saat sedang dalam program menambah massa otot.

Beberapa contoh lemak baik yang bisa dikonsumsi adalah alpukat, kacang-kacangan, selai kacang, keju, olive oil, biji-bijian, dan juga minyak kelapa.

Nah, itu tadi adalah beberapa daftar belanjaan yang sebaiknya dibeli saat sedang ingin menambah massa otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News