Bugar

Catat! Ini 5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

Catat! Ini 5 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang wajib dihindari penderita asam lambung, agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah.

Penyakit asam lambung memiliki nama lain gastroesophageal reflux disease (GERD).  

Pada pengidapnya, gejala minimal muncul 2 kali dalam seminggu. Kondisi ini tidak pandang bulu, bisa dialami oleh siapa pun, tidak terkecuali anak-anak.   

Melansir Mayo Clinic, inilah beberapa makanan yang wajib dihindari penderita asam lambung agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Sederet Bahaya Mengalami Dehidrasi pada Tubuh

1. Makanan berlemak

Makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam lambung pertama adalah makanan berlemak. Makanan berlemak juga bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung.  

Untuk mencegahnya, batasi makanan yang mengandung lemak seperti gorengan, keju, jeroan, daging olahan, serta daging merah berlemak tinggi, misalnya, sirloin dan iga.  

2. Minuman beralkohol

Makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam lambung kedua adalah minuman beralkohol. 

Minuman beralkohol harus dijauhi oleh penderita asam lambung. Pasalnya, minuman ini bisa menyebabkan iritasi lambung dan melemahkan otot-otot di kerongkongan. 

Hal tersebut bisa membuat gejala asam lambung kambuh atau menjadi semakin parah.  

Baca Juga: Bisa Mengontrol Gula Darah, Inilah 5 Manfaat Lain Pare yang Baik untuk Ibu Hamil

3. Minuman berkafein dan bersoda

Makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam lambung ketiga adalah minuman berkafein dan bersoda.   

Sebagian orang bisa merasakan gejala asam lambung naik setelah mengonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, atau minuman berenergi.  

Hal ini karena minuman berkafein dan bersoda dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika jumlah yang diminum terlalu banyak.  

4. Cokelat

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung keempat adalah coklat. Cokelat diketahui baik untuk kesehatan.  

Namun, konsumsi makanan tersebut secara berlebihan bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh kembali, bahkan memperburuk gejala yang muncul.   

Baca Juga: Bau Mulut Tak Sedap? Kenali 5 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut Ini

5. Makanan pedas

Makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung kelima adalah makanan pedas. Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi dan nyeri ulu hati.  

Ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat memicu gejala asam lambung naik dan iritasi pada lambung.  

Oleh karena itu, bagi Anda yang sering mengalami asam lambung naik atau gejala maag, sebaiknya hindari segala macam makanan pedas.  

Namun, jika gejala naiknya asam lambung sudah mengganggu aktivitas sehari-hari periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah beberapa makanan yang wajib dihindari penderita asam lambung agar gejala yang dirasakan tidak semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News