Bugar

Catat! Ini 5 Kebiasan yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

Catat! Ini 5 Kebiasan yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari oleh penderita batu ginjala, agar tidak semakin memperparah gejela dan kondisi penderitanya. 

Batu ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan penumpukan kristal dan batu mineral pada ginjal serta berkurangnya volume urine, dikutip dari Healthline.

Melansir NYU Langone Health, dokter tidak hanya memberikan obat untuk mengatasi sakit batu ginjal, melainkan juga merekomendasikan perubahan gaya hidup.   

Dirangkum dari Healthline dan Health Focus, berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal, antara lain:   

Baca Juga: Bisa Menurunkan Gula Darah, Ini 5 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Mengonsumsi banyak garam

Kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal pertama adalah mengonsumsi banyak garam karena memicu penumpukan kalsium di urine, sehingga penderita batu ginjal mungkin harus berhati-hati dengan garam.   

Anda bisa menghindari penambahan garam saat mengolah makanan. Apabila membeli makanan olahan, pastikan Anda juga mengecek dengan saksama kandungan garam di label makanantersebut.   

Sering makan makanan olahan 

Kebiasaan yang harus dihindari penderita batu ginjal kedua adalah makan makanan olahan. Para penggemar makanan olahan yang menderita penyakit ginjal mungkin perlu menahan diri.   

Hal ini dikarenakan konsumsi makanan olahan juga menjadi pantanga bagi para penderita sakit ginjal karena mengandung fosfor dan sodium tinggi.   

Suka minuman berkarbonasi / kola

Kebiasaan yang harus dihindari penderita batu ginjal selanjutnya yakni minuman berkarbonasi atau kola. Walau menyegarkan, minuman kola dapat menjadi pantangan batu ginjal yang harus dihindari.   

Minuman kola tinggi dengan fosfat, senyawa lain yang dapat memicu pembentukan batu ginjal.   

Baca Juga: Ini Penyebab Sakit Punggung dan Cara Mengatasinya

Melakukan diet tinggi protein

Kebiasaan yang harus dihindari penderita batu ginjal keempat adalah diet tinggi protein. Protein adalah salah satu nutrisi yang biasa ditemukan dalam daging, kacang-kacangan, dan susu.   

Tubuh memang membutuhkan protein untuk membangun otot, sel darah merah, hingga hormon. Namun, bagi para penderita penyakit ginjal perlu mengurangi konsumsi proteinagar tidak terlalu banyak.   

Kurang tidur

Kebiasaan yang harus dihindari penderita batu ginjal kelima adalah kurang tidur. Faktanya, penelitian yang dipublikasikan di World Journal of Nephrology memperlihatkan bahwa gangguan tidur berdampak pada fungsi ginjal secara keseluruhan.   

Itulah 5 kebiasaan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News