Bugar

Catat! Ini 5 Kebiasaan Pemicu Darah Tinggi yang Sering Disepelekan

Catat! Ini 5 Kebiasaan Pemicu Darah Tinggi yang Sering Disepelekan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelakan dan sebaiknya mulai sekarang harus segera dihindari.

Darah tinggi merupakan kondisi yang sering ditemukan pada masyarakat Indonesia. Meskipun umum terjadi, tetapi darah tinggi tidak boleh disepelekan.   

Pasalnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang serius dan mengancam jiwa, seperti serangan jantung atau stroke.  

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelekan, antara lain: 

Baca Juga: Simak, Ini Cara Mudah Mengecek Gula Darah dan Kolesterol di Rumah

1. Tidak menjaga berat badan

Kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelekan pertama adalah tidak menjaga berat badan. 

Kelebihan berat badan menjadi penyebab hampir 40% dari semua diagnosis darah tinggi. 

Dijelaskan dalam AHA Journals bahwa berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki tekanan darah lebih tinggi daripada mereka yang memiliki berat badan normal.  

2. Kurang bergerak

Kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelekan kedua adalah kurang bergerak. 

Dalam hal olahraga, sedikit berolahraga lebih baik daripada tidak sama sekali.  

Dijelaskan dalam laman Penn Medicine, 150 menit olahraga per minggu sudah cukup untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat.  

3. Merokok

Kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelekan ketiga adalah merokok. Penggunaan tembakau juga merupakan kebiasaan yang bisa memicu darah tinggi.  

Merokok atau mengunyah tembakau, keduanya bisa meningkatkan darah tinggi. Kebiasaan tidak sehat ini juga memicu berbagai masalah kesehatan berbahaya, seperti kanker.  

4. Mengonsumsi banyak gula

Kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelekan keempat adalah mengonsumsi banyak gula.  

Dilansir dari laman Web MD, individu dengan diet tinggi gula tambahan mengalami peningkatan yang signifikan pada tekanan darah.  

Baca Juga: Moms, Inilah 5 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Hernia

5. Mengonsumsi banyak garam

Kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelekan kelima dalah mengonsumsi banyak garam. Sering mengonsumsi makanan yang asin juga bisa memicu darah tinggi.  

Jadi, kurangilah konsumsi garam dan jangan menambahkan garam ekstra ke makanan kamu. Hal ini penting, terutama bagi  Anda yang sudah mengidap hipertensi.  

Untuk mencegah atau menurunkan risiko tekanan darah tinggi, pastikan  Anda menghindari semua kebiasaan di atas, terutama jika di dalam keluargamu terdapat riwayat darah tinggi. 

Itulah beberapa kebiasaan pemicu darah tinggi yang sering disepelakan dan sebaiknya mulai sekarang harus segera dihindari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News