HOME, Bugar

Catat! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut Dengan Cepat

Catat! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Perut Dengan Cepat

MOMSMONEY.ID - Sakit perut merupakan masalah kesehatan yang sangat umum yang pernah dialami hampir semua orang dan kerap mengganggu aktivitas.

Penyebab sakit perut ada banyak, mulai dari terlalu banyak makan makanan pedas, stres, sampai kanker usus besar dan beberapa penyebab lainnya.

Selain itu, sakit perut juga bisa disertai dengan gejala lain di saluran pencernaan, seperti mual, muntah, diare, atau konstipasi.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi sakit perut dengan cepat tanpa efek samping.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Inilah 5 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan

Nah, dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa cara ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat seperti berikut ini:

1. Jahe

Cara ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat yang pertama adalah jahe. Jahe menjadi salah satu tanaman rempah yang bisa mengatasi sakit perut, termasuk perut melilit.

Hal ini karena jahe memiliki sifat antiradang, sehingga mampu meredakan peradangan di saluran cerna. Anda hanya perlu menyeduh irisan jahe ke dalam secangkir teh hangat.

2. Terapi panas

Cara ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat yang kedua adalah terapi panas. Hal itu karena panas bisa membantu mengendurkan otot-otot di perut dan meredakan kram dan sakit perut.

Menerapkan bantal pemanas, botol air panas, handuk panas, atau bungkus panas di atas perut dan punggung juga bisa menjadi cara cepat untuk mengatasi sakit perut.

3. Cuka sari apel

Cara ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat yang ketiga adalah mengonsumsi cuka sari apel. Cuka sari apel dipercaya dapat meredakan sakit perut.

Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat mengurangi kelebihan serat atau pati di saluran cerna dan membantu pengeluarannya dari usus.

Baca Juga: Anak Sedang Diare? Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Diare Pada Anak Secara Alami

4. Daun mint

Cara ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat yang selanjutnya adalah menggunakan daun mint.

Hal ini karena kandungan mentol pada daun ini berperan sebagai antinyeri alami yang bisa mengurangi rasa perih di perut dan mengurangi mual.

5. Konsumsi makanan antiinflamasi

Cara ampuh mengatasi sakit perut dengan cepat yang terakhir adalah mengonsumsi makanan antiinflamasi. 

Makanan tersebut antara lain bluberi, ceri, capsicum, tomat, ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan almond. 

Namun, jika sakit perut tidak kunjung membaik meski sudah menerapkan cara di atas, segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News