HOME, Bugar

Catat cara mencegah, gejala, dan penyebab jerawat batu

Catat cara mencegah, gejala, dan penyebab jerawat batu

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Ada beberapa orang yang pernah memiliki jerawat batu. Supaya kesehatan kulit bisa Anda pertahankan, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja gejala, cara mengatasi, serta penyebab jerawat batu yang Anda alami.

Sama seperti jenis jerawat yang lain, jerawat batu muncul karena pori-pori kulit tersumbat. Saat hal itu terus terjadi, kulit menjadi inflamasi dan infeksi. Jerawat batu memang biasa muncul di kulit wajah, tapi tak menutup kemungkinan jenis jerawat itu juga muncul di bagian kulit yang lain.

Biasanya, remaja atau orang dewasa berusia 11-30 tahun sering mengalami jerawat batu. Ada banyak faktor yang memengaruhi kemunculan jerawat batu, salah satunya adalah perubahan hormon.

Jika jerawat batu yang Anda alami cukup parah, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter, ya. Nantinya, dokter akan memberikan jenis perawatan sesuai yang Anda butuhkan. Usahakan untuk mengikuti saran dokter secara teratur supaya jerawat batu cepat sembuh.

Baca Juga: ComboHepi dari Tokopedia, Hotel Sampai Voucher Makan Bisa Dapat Cashback Rp 500.000

Penyebab Jerawat Batu

Salah satu penyebab jerawat batu adalah perubahan hormon.

Sebenarnya, kulit manusia memproduksi minyak untuk menjaga kelembaban kulit. Sayangnya, beberapa orang memproduksi minyak dalam jumlah berlebih. Medical News Today (medicalnewstoday.com) menyebutkan hal itu bisa menyebabkan jerawat batu.

Apalagi saat terkontaminasi dengan bakteri penyebab jerawat. Seperti yang telah dikatakan, perubahan hormon termasuk salah satu faktor yang memicu hal itu. Namun, masih banyak hal lain yang dapat memperparah jerawat batu.

Mulai dari produk make up atau produk perawatan kulit yang menambah jumlah minyak, keringat, genetik, dan jenis obat tertentu yang Anda minum. Perlu diingat bahwa jerawat batu tak timbul karena makanan yang Anda konsumsi, ya.

Gejala Jerawat Batu

Selayaknya jenis jerawat yang lain, jerawat batu ditandai dengan benjolan berwarna merah. Hal itu terjadi karena pori-pori kulit yang meradang. Apabila tak mendapat perawatan yang benar, peradangan itu bisa berubah jadi luka hingga meninggalkan bekas yang lebih dalam.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Makanan Kura-Kura Peliharaan yang Baik dan Bergizi

Cara Mencegah Jerawat Batu

Selain mengetahui penyebab jerawat batu, cara mencegahnya pun perlu Anda perhatikan.

Supaya jerawat batu tak lagi Anda alami, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda coba. Pertama, hindari memegang kulit wajah dengan tangan terlalu sering. Hal itu perlu Anda lakukan supaya kulit tak terkontaminasi bakteri.

Kedua, gunakan produk perawatan yang sesuai dengan tipe kulit. Jangan lupa untuk membatasi paparan sinar matahari ke kulit Anda, misalnya dengan tabir surya. Ketiga, jaga kebersihan kulit dengan mencucinya, apalagi saat mau tidur dan olahraga.

Nah, itulah beberapa hal terkait jerawat batu yang sebaiknya Anda ketahui. Jangan tunggu kondisi kulit benar-benar buruk untuk berkonsultasi ke dokter. Semakin cepat Anda memeriksakan diri, semakin sedikit risiko gangguan kulit yang perlu Anda alami.

Selanjutnya: 4 Manfaat air kelapa buat kesehatan, bikin kulit lebih sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News