HOME, Bugar

Catat! 6 Vitamin dan Suplemen untuk Melancarkan Aliran Darah

Catat! 6 Vitamin dan Suplemen untuk Melancarkan Aliran Darah

MOMSMONEY.ID - Sirkulasi darah yang baik adalah salah satu kunci kesehatan dan kebugaran tubuh. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan aliran darah, misalnya dengan pola makan dan gaya hidup.

Selain menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, vitamin dan suplemen juga penting diperoleh agar imunitas tubuh semakin kuat.

Berikut jenis-jenis vitamin dan suplemen yang dikenal ampuh melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Vitamin E

Vitamin E termasuk jenis vitamin yang mudah diperoleh dari bahan makanan, seperti sayuran hijau, biji-bijian, buah-buahan, makanan laut dan lain-lain.

Untuk menambah kandungan vitamin E, Anda juga bisa menggunakan minyak biji gandum, minyak kemiri, minyak bunga matahari, dan minyak kacang lainnya saat memasak.

Praktisnya, Anda bisa membeli suplemen vitamin E yang banyak dijual bebas di apotek.

2. Vitamin B

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung merupakan sumber vitamin B terbaik. Namun, Anda juga dapat menemukan suplemen vitamin B di sebagian besar toko vitamin dan toko obat. 

3. Vitamin B-3

Selain melancarkan sirkulasi darah, vitamin yang satu ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Makanan yang mengandung vitamin B-3 contohnya daging unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan susu. 

4. Besi

Mineral yang satu ini tersedia dalam bentuk suplemen, sehingga mudah untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Anda juga bisa zat besi melalui makanan, seperti daging merah dan sayuran berdaun hijau. 

Baca Juga: Tidak Disangka, 5 Makanan Ini Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan Kulit

5. Asam lemak omega-3

Omega-3 mendorong pelepasan oksida nitrat, sehingga mampu melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Ikan salmon, ikan teri, sarden, dan tiram adalah contoh sumber asam lemak omega-3 terbaik.

6. Kurkumin

Kurkumin adalah fenol alami, sejenis antioksidan, yang ada dalam bumbu kunyit yang mampu melancarkan aliran darah. 

Ada beragam vitamin, mineral, dan suplemen yang dinilai efektif untuk melancarkan peredaran darah. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis dan cara penggunaannya.

Tidak hanya mengonsumsi suplemen, Anda juga perlu rutin berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat untuk memperoleh hasil optimal. Jauhi kebiasaan merokok serta cukupi kebutuhan air agar tubuh Anda semakin sehat dan bugar.

Selanjutnya: Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Sayang Dilewatkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News