Bugar

Catat! 5 Rempah Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Catat! 5 Rempah Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Ada beragam rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan, untuk mendukung kesehatan tubuh ibu dan janinnya. 

Rempah dikenal sebagai penyedap rasa yang sering ditambahkan pada makanan ataupun minuman, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil.    

Anda bisa menjumpai macam-macam rempah Indonesia ini dengan mudah dalam bentuk aslinya, baik di pasar tradisional ataupun swalayan.   

Melansir Web MD, berikut adalah beberapa rempah-rempah yang baik dikonsumsi saat ibu hamil, antara lain: 

Baca Juga: Lakukan dengan Rutin! Ini Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari untuk Kesehatan

Jahe

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil yang pertama adalah jahe. Jahe dikenal sebagai bahan pembuatan minuman lokal, seperti wedang, bandrek atau bajigur.  

Jahe juga merupakan bumbu masak untuk menghilangkan bau amis. Efek menghangatkan dari jahe bisa membantu tenggorokan dan pencernaan terasa lebih nyaman.   

Daun pepermin

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil kedua adalah daun pepermin. Daun ini bermanfaat untuk meredakan mual, morning sickness, dan perut kembung.  

Daun pepermin bisa dikonsumsi bersama teh dan konsumsi secukupnya. Melansir Mompresso, konsumsinya yang berlebihan bisa meningkatkan risiko keguguran.   

Kencur

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil selanjutnya adalah kencur. Manfaat rempah-rempah kencur sering digunakan untuk mengatasi nyeri haid dan dispepsia.  

Selain itu, kencur juga digunakan untuk mengatasi peradangan, memar, ketombe, sakit kepala, demam, sakit perut, sembelit, dan sebagainya.   

Baca Juga: Kenali Gejala Tukak Lambung yang Sering Terjadi pada Ibu Hamil

Lada hitam

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil lainnya adalah lada hitam. Saran konsumsi lada hitam setiap harinya adalah 30 mikrogram per hari.   

Rempah yang satu ini tergolong kaya akan kromium, zat yang sangat dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari penyakit diabetes gestasional.  

Kapulaga

Rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamilyang terakhir adalah kapulaga. Kapulaga bisa digunakan sebagai aroma therapy yang bermanfaat untuk mengatasi mual pada ibu hamil.   

Jika Anda memiliki kondisi medis kronis atau serius, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ramuan dengan menggunakan rempah-rempah.   

Itulah beberapa rempah-rempah yang baik dikonsumsi ibu hamil selaa kehamilan untuk membantu menyehatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News