Bugar

Catat! 5 Buah Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi Jika Dikonsumsi Rutin

Catat! 5 Buah Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi Jika Dikonsumsi Rutin

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa buah yang ampuh bisa menurunkan darah tinggi jika dikonsumsi rutin.

Tekanan darah adalah nilai tekanan pada darah yang mendorong dinding arteri dalam tubuh. 

Normalnya seseorang memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg, tetapi tekanan darah dapat meningkat akibat beberapa faktor.  

Salah satu cara mewaspadainya dengan memperhatikan pola makan sehari-hari dan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Yang perlu Anda ketahui, Ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.  

Dirangkum dari Mayo Clinic, berikut adalah sederet buah yang ampuh menurunkan darah tinggi, antara lain:  

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

1. Tomat

Sederet buah yang ampuh menurunkan darah tinggi pertama adalah tomat. Tomat juga mengandung potasium yang baik untuk menurunkan darah tinggi. 

Anda bisa mengonsumsi tomat dalam salad, dikonsumsi secara langsung dalam bentuk buah, atau dijadikan makanan sehat lainnya. 

2. Alpukat

Sederet buah yang ampuh menurunkan darah tinggi kedua adalah alpukat. Alpukat memiliki kandungan potasium yang bisa membantu Anda mengontrol tekanan darah. 

Anda bisa mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah, mencampurkannya ke dalam salad, atau membuat alpukat sebagai minuman sehat. 

3. Semangka

Sederet buah yang ampuh menurunkan darah tinggi ketiga adalah semangka. Semangka mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.  

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah, dilansir dari Healthline.

4. Pisang 

Sederet buah yang ampuh menurunkan darah tinggi keempat adalah pisang. Pisang menjadi salah satu buah penurun darah tinggi karena mengandung potasium di dalamnya. 

Potasium adalah mineral yang bisa mengurangi efek natrium dan menurunkan ketegangan di dinding pembuluh darah. Hal ini membantu Anda menurunkan risiko tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

5. Apel

Sederet buah yang ampuh menurunkan darah tinggi kelima adalah apel. Apel merupakan salah satu buah yang memiliki banyak sekali nutrisi dan mineral di dalamnya. 

Salah satu kandungan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi adalah kandungan potasium di dalamnya. 

Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi buah apel setiap pagi untuk membantu Anda dalam menurunkan maupun mengontrol tekanan darah. 

Itulah beberapa buah yang ampuh menurunkan darah tinggi yang Anda alami dan bisa Anda konsumsi secara rutin dengan jumlah yang tidak berlebihan. 

Perlu diingat bahwa buah-buahan tersebut tidak mampu menggantikan obat darah tinggi dan perlu diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News