CLOSE [X]
ads

Cari UKM Unggulan di 5 Destinasi Super Prioritas Pariwisata

Reporter: Andy Dwijayanto
Selasa, 28 September 2021 | 10:33 WIB
Cari UKM Unggulan di 5 Destinasi Super Prioritas Pariwisata

ILUSTRASI. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.


MOMSMONEY.ID - Festival Kreatif Lokal 2021 disambut antusias antusiasme pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di lima Destinasi Super Prioritas (DSP) Pariwisata Indonesia, yakni di Danau Toba, Sumatera Utara; Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur; Borobudur, Jawa Tengah; Likupang, Sulawesi Utara; dan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sejak pendaftaran dibuka pada 1 September 2021, sebanyak 223 pelaku UKM dari kategori bidang usaha fashion, kuliner, dan kriya telah mengikuti seleksi tahap awal Festival Kreatif Lokal 2021.

Bertajuk #TumbuhBersamaSahabat, program ini merupakan hasil kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenperakraf) Republik Indonesia.

Baca Juga: Cek NIK lewat eform.bri.co.id, untuk dapat BLT UMKM Rp 1,2 juta

"Adira Finance mengapresiasi semangat para peserta dari lima DSP Pariwisata Indonesia yang telah mendaftar dan akan berpartisipasi di rangkaian Festival Kreatif Lokal 2021,” ujar Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance dalam siaran pers yang diterima Momsmoney.id, Senin (27/9).

UKM yang mendaftar di Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi representasi terkini dari wajah UKM di sektor ekonomi kreatif di Indonesia, dimana mereka berkesempatan meningkatkan skala bisnis dan membangun ekosistem bisnis bersama-sama, dengan para pemangku kepentingan baik dari swasta maupun pemerintah.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Yuana Rochma Astuti, menyambut baik kolaborasi dengan Adira Finance ini, dalam upaya meningkatkan kualitas UKM di lima DSP Pariwisata Indonesia.

Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan keniscayaan dalam pengembangan bisnis UKM di sektor pariwisata, agar lebih adaptif, kolaboratif, sekaligus inovatif, demi mendukung perekonomian nasional.

Baca Juga: Implementasi PP No.7/2021, ASDP Merak beri ruang promosi bagi UMKM

“Festival Kreatif Lokal 2021 merupakan salah satu bentuk nyata kolaborasi pemerintah dan swasta (public private partnership), yang mendukung pertumbuhan UKM Indonesia," ujar Yuana Rochma Astuti.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mewujudkan dukungan terhadap kampanye nasional #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia. Kegiatan ini menjadi program corporate social responsibility (CSR) Adira Finance yang diselenggarakan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa, demi meningkatkan kesejahteraan.

Hal ini sesuai visi perusahaan dalam “Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan”.

Para pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2021 akan menjalani sejumlah kegiatan. Setelah mendaftar, mereka akan langsung diseleksi sehingga diperoleh masing-masing 50 UKM di setiap DSP Pariwisata Indonesia. Mereka selanjutnya akan mendapatkan materi untuk meningkatkan soft skill melalui aktivitas coaching camp oleh Prasetiya Mulya ELI.

Baca Juga: Seribu penyadap nira di Banyumas didorong berkoperasi pasarkan gula semut
 
Kemudian, dari 50 peserta tersebut, akan dipilih 3 UKM local hero dari masing-masing kategori usaha Fashion, Kuliner, dan Kriya di setiap DSP Pariwisata Indonesia. Sebanyak 9 UKM local hero ini akan menjalani coaching camp yang lebih intensif dari Prasetiya Mulya ELI dan Ecamp Indonesia, menggunakan metode yang dapat langsung diterapkan para UKM untuk menumbuhkan usaha kreatif mereka.

Selain itu, 9 UKM local hero ini akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari 5 tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif.

Dewan Juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri; serta sebagai Anggota Dewan Juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; serta, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti.

Dewan Juri akan menilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan para UKM dari tiga kategori Fashion, Kuliner, dan Kriya dari masing-masing lima DSP Pariwisata Indonesia. Local hero terbaik berhak mendapatkan Kreatif Lokal Award 2021.

Sebagai tambahan motivasi, UKM yang menjadi local hero akan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah berupa tambahan modal usaha, dan eksposur di berbagai media nasional, baik cetak maupun online.

Baca Juga: Karya Kreatif Indonesia diklaim sukses bawa 15,9 juta UMKM masuk pasar daring

Penghargaan ini akan diberikan pada acara Gebyar Adira Kreasi 2021 yang digelar 13 November 2021, sebagai acara puncak dari rangkaian Festival Kreatif Lokal 2021. Acara ini diselenggarakan bertepatan dengan perayaan kemeriahan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rangkaian pelatihan dan penghargaan yang diberikan kepada para peserta Festival Kreatif Lokal 2021, diharapkan memberikan dampak secara berkelanjutan bagi pelaku UKM, sehingga melahirkan produk ekonomi kreatif lokal bercita rasa internasional.

Selain itu, UKM yang menjadi local hero dapat tumbuh menjadi ikon bagi para UKM, serta menjadi destinasi utama saat wisatawan berwisata ke 5 DSP Pariwisata Indonesia.

Demi menyukseskan Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance menggandeng beberapa pihak untuk mendukung penyelenggaraannya, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, dan Baba Rafi Enterprise.

“Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi momentum akselerasi bagi pelaku UKM dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas agar tumbuh dan berkembang, sehingga dapat memunculkan ikon-ikon UKM ekonomi kreatif kompeten, yang pada akhirnya menjadi nilai tambah terhadap daya tarik wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya di lima DSP Pariwisata Indonesia,” tutup Swandajani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Andy Dwijayanto

Terbaru