Bugar

Cari Tahu Yuk! Sederet Manfaat Paprika untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! Sederet Manfaat Paprika untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa manfaat paprika untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Paprika adalah sayuran yang cukup populer, bisa dimakan mentah atau dimasak. Sayuran ini berasal dari Amerika Utara dan Selatan yang panen di selama musim panas dan gugur. 

Ada berbagai warna paprika, tergantung pada seberapa matangnya. Kamu bisa memilih paprika hijau, kuning, oranye, ungu, atau merah, yang paling matang. 

Paprika juga dianggap sebagai makanan sehat. Mengonsumsi banyak buah dan sayuran baik untuk menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. 

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah sederet manfaat paprika untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah 5 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Bisa Anda Konsumsi

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat paprika untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan di dalam paprika tergolong tinggi.

Beberapa jenis antioksidan yang bisa ditemukan pada paprika antara lain adalah lutein dan zeaxanthin. 

Manfaat lutein dan zeaxanthin dari paprika adalah memelihara kesehatan mata serta mencegahnya dari berbagai gangguan, seperti katarak dan degenerasi makula.  

2. Mencegah anemia

Manfaat paprika untuk kesehatan yang kedua adalah mencegah anemia. Anemia adalah kondisi umum yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan darah untuk membawa oksigen.

Salah satu penyebab umum anemia adalah kekurangan zat besi. Gejala utamanya adalah kelemahan dan kelelahan.  

3. Mengurangi peradangan

Manfaat paprika untuk kesehatan yang ketiga adalah mengurangi peradangan. Paprika mengandung banyak antioksidan dan senyawa capsaicin. 

Zat ini bisa memberikan rasa pedas pada paprika dan cabai, serta rempah-rempah lainnya. Kandungan tersebut diketahui baik untuk mengurangi peradangan. 

4. Baik untuk kesehatan usus

Manfaat paprika untuk kesehatan yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan usus. Paprika adalah sumber serat yang baik dan penting untuk kesehatan usus.

Mengonsumsi makanan kaya serat seperti paprika dapat membantu memenuhi asupan serat yang direkomendasikan. 

Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dapat melindungi sistem pencernaan dari kanker usus besar dan penyakit radang usus. 

Selain itu sistem pencernaan dapat berfungsi optimal, sehingga mencegah sembelit dan meningkatkan keseimbangan bakteri usus sehat.  

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 4 Manfaat Makanan Pedas bagi Kesehatan

5. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat paprika untuk kesehatan yang terakhir adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Kandungan antioksidan dalam paprika juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah jantung, sehingga aliran darah bisa tetap lancar. 

Efek ini menjadikan paprika bermanfaat sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung. 

Beberapa manfaat di atas menunjukkan bahwa paprika sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, pada sebagian orang, paprika mungkin bisa menyebabkan alergi.  

Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsi paprika secara berlebihan jika ada kondisi kesehatan tertentu, seperti gastritis, maag, atau alergi paprika, ya! 

Itulah beberapa manfaat paprika untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News