Bugar

Cari Tahu Yuk! Inilah Sederet Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

Cari Tahu Yuk! Inilah Sederet Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Cempedak atau dikenal dengan (Artocarpus integer) merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. 

Sekilas buah ini mirip sekali dengan buah nangka. Bedanya, ukuran buah cempedak cenderung lebih kecil, manis, gurih, dan lembut daripada buah nangka. 

Buah cempedak mengandung vitamin B1, vitamin B2, serta berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, karoten dan xanthone yang dikutip dari Web MD.  

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat cempedak yang terkenal dan baik untuk kesehatan, antara lain:

Baca Juga: Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Ampuh Mengatasinya

Mengobati malaria

Buah cempedak sudah terkenal sebagai obat malaria yang cukup efektif. Manfaat ini dari senyawa artoindonesianin bersama antioksidan alami lainnya yang ada di dalam buah cempedak. 

Terbukti bahwa ekstrak buah cempedak dapat membunuh parasit penyebab malaria, yaitu Plasmodium falciparum. Namun, buah cempedak sebagai obat utama malaria masih tidak aman untuk dilakukan. 

Mengobati tumor

Manfaat buah cempedak yang kedua adalah bisa mengobati tumor. Kandungan bioflavonoid yang ada dalam buah cempedak dianggap dapat membantu mengatasi tumor.

Meski demikian, klaim ini masih membutuhkan berbagai penelitian ilmiah untuk benar-benar membuktikan efektivitas buah cempedak terhadap tumor. 

Aman untuk pencernaan

Mengutip Med India, manfaat cempedak untuk kesehatan juga menjaga pencernaan lewat kandungan serat, mineral, dan vitamin yang tinggi. 

Penelitian juga telah membuktikan buah cempedak sebagai pelindung gastro, membantu menyembuhkan tukak saluran pencernaan. 

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh. Simak Penjelasannya di Sini!

Menjaga kesehatan jantung

Buah cempedak mengandung serat dan vitamin C tinggi yang menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium yang tinggi juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. 

Ketika tekanan darah turun, kadar kolesterol juga ikut berkurang. Hal tersebut membuat kerja jantung menjadi lebih optimal. 

Menurunkan risiko stroke

Penyakit stroke menjadi penyakit yang sebagian besar diderita oleh orang-orang yang telah berumur. Namun, tidak sedikit dari penderitanya adalah orang-orang yang masih muda.

Kandungan antioksidan dalam cempedak bisa membantu menghindarkan dari risiko stroke. Antioksidan akan memerangi radikal bebas yang dapat menghasilkan stres oksidatifpemicu stroke. 

Mengonsumsi cempedak secara langsung lebih bermanfaat bagi kesehatan. Anda juga bisa membuatnya menjadi  jus, topping untuk oatmeal, atau camilan bersama cokelat hitam. 

Selain makan buah cempedak, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan mengonsumsi aneka makanan bergizi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News