Bugar

Cari Tahu Yuk! Inilah Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh

Cari Tahu Yuk! Inilah Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh

MOMSMONEY.ID - Manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh memang luar biasa. Tubuh memerlukan asupan untuk menunjang kinerja organ dan kesehatan menjadi lebih baik.  

Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Gaya hidup modern kerap membuat manusia abai tentang kesehatan tubuh. Lupa menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat.

Pentingnya mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh tidak boleh disepelekan. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Manfaat Buah Pir, Mulai Mencegah Kembung Sampai Masalah Pencernaan

Menjaga sistem pencernaan

Manfaat mengonsumsi makanan sehat yang pertama adalah menjaga sistem pencernaan. Dalam usus besar dipenuhi bakteri alami yang berperan dalam metabolisme dan pencernaan.

Dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, tinggi serat, maka akan membuat usus tetap sehat, seperti yogurt, sayuran hijau, ubi jalar, ataupun putih telur. 

Membuat suasana hati lebih baik

Manfaat mengonsumsi makanan sehat yang kedua adalah membuat suasana hati lebih baik. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan sehat berpengaruh pada perasaan.

Hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan Kara L. Breymeyer, 2016. Studi ini menjelaskan jika pola makan yang tidak sehat dapat memicu peningkatan gejala depresi dan kelelahan.

Meningkatkan memori otak

Manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh yang ketiga adalah meningkatkan memori otak. Manfaat makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Makanan yang mengandung vitamin D, C, E, Omega 3, flavonoid, dan polifenol berguna untuk melindungi dari penurunan kognitif dan demensia, dikutip dari Realfood.  

Saat tubuh mengonsumsi makanan sehat akan berdampak positif kepada kesehatan otak dan memperkuat ingatan. Hal ini akan menjadi investasi di masa tua yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Kenali Penyakit Kanker Serviks Sedari Dini

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat mengonsumsi makanan sehat secara rutin untuk tubuh yang keempat adalah mengurangi risiko penyakit jantung. 

Menurut Centers for Diseases Control and Prevention, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian dengan pemicu penyakitnya seperti kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. 

Untuk membantu mengurangi penyakit jantung, Anda bmengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, dan sumber protein nabati. 

Mengurangi risiko kanker

Manfaat mengonsumsi makanan sehat secara rutin untuk tubuh yang kelima adalah mengurangi risiko kanker. 

Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung beta-carotene, vitamin A, dan antioksidan yang dapat ditemukan pada sayur, buah, dan kacang-kacangan. 

Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Jika yang dimakan sehat dan bergizi seimbang, tentu risiko berbagai penyakit akan bisa berkurang. 

Ini hanya 5 manfaat mengonsumsi makanan sehat secara rutin untuk tubuh, masih ada ribuan bahkan jutaan manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh yang bisa Anda rasakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News