Bugar

Cari Tahu yuk! Ini Sederet Manfaat dan Nutrisi Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu yuk! Ini Sederet Manfaat dan Nutrisi Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat dan nutrisi labu siam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, sehingga bisa Anda konsumsi secara rutin.

Labu siam kerap digunakan sebagai campuran sayur atau lalapan. Namun, siapa sangka manfaat labu siam bagi kesehatan juga sangat beragam. 

Sama seperti sayuran hijau lainnya, labu siam juga mengandung tinggi nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan.   

Selain padat kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, labu siam juga kaya kandungan folat yang membantu pembentukan sel dan sintesis DNA, melansir dari Mayo Clinic.  

Selain nutrsi berikut, mengutip dari Healthline, inilah beberapa manfaat dan nutrisi labu siam yang bisa Anda rasakan, antara lain:  

Baca Juga: 5 Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Darah Tinggi, Sila Coba

1. Melancarkan pencernaan

Kesehatan pencernaan

Manfaat dan nutrisi labu siam yang pertama adalah melancarakan pencernaan. Labu siam adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. 

Kandungan ini diketahui baik untuk menyehatkan saluran cerna karena dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus dan melancarkan buang air besar. 

2. Baik dikonsumsi saat masa kehamilan

Young pregnant woman holds her hands on her swollen belly. Love

Manfaat dan nutrisi labu siam yang kedua, baik dikonsumsi saat masa kehamilan. Kandungan nutrisi labu siap seperti folat, atau vitamin B9, penting bagi semua orang.

Namun, nutrisi ini sangat penting bagi mereka yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. 

Selama awal kehamilan, folat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. 

3. Menurunkan risiko serangan jantung

Penyakit jantung

Manfaat dan nutrisi labu siam yang ketiga adalah menurunkan risiko serangan jantung. Kandungan antioksidan pada labu siam juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol. 

Serat labu siam juga bisa membantu memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan risiko serangan jantung jika dikonsumsi secara rutin. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 5 Macam Jus yang Ampuh Menyembuhkan Asam Urat

4. Mengatasi asam urat

Asam urat

Manfaat dan nutrisi labu siam yang keempat adalah mengatasi asam urat. Asam urat biasanya disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. 

Penumpukan tersebut dapat memicu pembentukan kristal yang bisa menyebabkan iritasi, peradangan, dan pembengkakan. 

5. Aman untuk penderita penyakit lambung

Asam lambung

Manfaat dan nutrisi labu siam yang kelima adalah aman untuk penderita penyakit lambung. Labu siam untuk asam lambung juga aman dikonsumsi. 

Ini karena saat dicerna, labu siam tidak menimbulkan efek gas yang dapat memicu asam lambung naik.  

Mengonsumsi labu siam dapat membantu meringankan kerja saluran pencernaan dan meringankan gejala pada radang dan iritasi. 

Meskipun memiliki banyak manfaat, cara mengonsumsi labu siam tetap perlu diperhatikan. Memakan sayur ini dalam bentuk yang sudah diolah menjadi hidangan bersantan harus dibatasi.  

Itulah beberapa manfaat dan kandungan nutrisi labu siam yang perlu Anda ketahui dan rasakan manfaatnya jika dikonsumsi secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News