Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini Dia Sederet Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! Ini Dia Sederet Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda penggemar pecel lele, lalapan dan timun mungkin sering tak disentuh sama sekali.

Padahal, buah ini memiliki banyak khasiat buat kesehatan tubuh, mulai kesehatan tulang, jantung, hingga usus. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti Universitas Jadavpur, Kolkata, India, timun cukup rendah kalori dan memiliki antioksidan yang sangat tinggi. 

Selain itu, timun juga mengandung banyak air dan serat larut. Itu sebabnya timun banyak dipilih untuk meningkatkan hidrasi dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: Sakit Gigi Mengganggu? Coba Redakan dengan 5 Makanan Sehat Ini

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat buah timun yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

Mencegah diabetes

Para ahli menyimpulkan manfaat timun untuk mengendalikan diabetes. Khasiat timun ini didasarkan pada kandungan Cucurbita ficifolia-nya yang dapat mencegah lonjakan gula darah.  

Selain itu, timun juga memiliki indeks glikemik rendah, yaitu 15. Indeks glikemik adalah nilai pada makanan yang didasarkan pada cepat atau lambatnya makanan tersebut memicu peningkatan gula darah. 

Antioksidan

Satu studi di The Journal of Nutrition, Health & Aging tahun 2015 mengukur kemampuan timun lewat 30 partisipan dewasa tua dengan bubuk timun.

Setelah 30 hari, suplementasi tersebut menyebabkan peningkatan beberapa marker aktivitas antioksidan dan meningkatkan status antioksidan. 

Ada pula studi di Journal of Young Pharmacist tahun 2010 yang menemukan bahwa timun mengandung flavonoid dan tannin, dua grup senyawa yang efektif menghalau bahaya radikal bebas. 

Menjaga kesehatan tulang

Timun kaya dengan vitamin K. Dengan vitamin ini, timun dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Tulang berperan dalam membantu penyerapan kalsium, jenis mineral yang juga vital untuk kesehatan tulang. 

Baca Juga: Ini 5 Manfaat yang Didapat dari Mengonsumsi Buah Mangga Madu

Menambah hidrasi atau asupan cairan

Beberapa kali disebutkan bahwa terdapat kandungan air pada timun. Kandungan air dalam buah timun bantu menambah hidrasi atau asupan cairankarena air berperan penting di dalam tubuh. 

Tidak hanya itu saja, kandungan air pada buah timun juga mempunyai manfaat agar metabolisme berfungsi dengan baik, menjaga suhu tubuh, serta mencegah penyakit ginjal. 

Mencegah sembelit

Makanan sehat seperti timun berarti Anda menyisakan lebih sedikit ruang di perut untuk makanan tinggi garam dan lemak yang bisa memperlambat pencernaan. 

Peningkatan hidrasi dari konsumsi timun bisa mencegah Anda mengalami sembelit atau konstipasi. Timun juga mengandung serat yang bisa membantu menjaga kondisi kerja saluran cerna. 

Selain bisa dihidangkan sebagai lalapan, Anda juga bisa mencampurkan timun ke dalam mangkuk salad atau dijadikan jus. Jadi, mulailah masukkan timun ke dalam menu makan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News