Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Lobak putih merupakan sayuran yang kaya akan kandungan serat dan vitamin C. Ada banyak manfaat lobak putih bagi kesehatan tubuh, salah satunya mencegah risiko penyakit kanker.

Selain serat dan vitamin C, lobak putih juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah penting, yaitu protein, vitamin B, dan kalium.

Kandungan nutrisi ini dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: Anda Menderita Insomnia? Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Bantu Mengatasinya

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Menstabilkan kondisi penderita diabetes

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa membantu menstabilkan kondisi penderita diabetes. Tidak hanya sebagai antibakteri dan antijamur, lobak putih juga merupakan antidiabetes.

Sebuah penelitian menemukan bahwa biji lobak berkhasiat mengatasi resistensi insulin, serta meningkatkan penyerapan gula dari darah.

Mencegah penyakit kronis

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah mencegaj penyakit kronis. Lobak putih bergizi tinggi dan kaya akan senyawa tanaman yang kuat, vitamin, mineral, dan serat.

Selain itu, mengonsumsi lobak putih dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung, kanker tertentu, diabetes, dan kondisi neurogeneratif.

Beberapa studi populasi juga menunjukkan bahwa makan lebih banyak lobak putih, bisa membuat hidup lebih lama dan lebih sehat.

Membantu melawan infeksi jamur

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah membantu melawan infeksi jamur. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semua jenis tanaman lobak, termasuk lobak putih, mengandung zat yang bersifat antijamur.

Zat ini dapat mematikan jamur jenis Candida albicans, yaitu salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada manusia.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Gambas untuk Kesehatan Tubuh. Cari Tahu Yuk!

Melancarkan pencernaan

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah melancarkan pencernaan. Lobak putih sudah dibuktikan memiliki enzim yang mirip dengan yang terdapat di saluran pencernaan manusia, termasuk amilase dan esterase.

Enzim-enzim ini bisa mempermudah pencernaan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang lebih efisien. Dengan begitu, mengonsumsi lobak putih bisa membantu mencegah sembelit.

Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang terakhir bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. 

Tak hanya itu, lobak putih juga bermanfaat untuk menangani demam, gangguan empedu, dan peradangan, karena kandungan vitamin C dan mineral di dalamnya yang sangat tinggi.

Anda dapat mengolah lobak putih menjadi berbagai sajian lezat untuk mendapatkan manfaatnya. Iringi konsumsi lobak putih dengan beragam makanan bernutrisi lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News