Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Buah Matoa yang Jarang Diketahui

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Buah Matoa yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Buah matoa adalah tanaman tropis yang masih satu keluarga dengan leci dan kelengkeng dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Di dalam kulitnya yang tipis, terdapat buah berwarna putih dengan tekstur yang kenyal mirip rambutan. Uniknya, rasa buah matoa disebut-sebut mirip campuran buah lengkeng dan durian.

Buah ini juga memiliki aroma yang khas. Namun, matoa diketahui kaya vitamin C dan E yang merupakan antioksidan. Seperti leci dan kelengkeng, matoa juga tinggi kandungan air dan mineral. 

Manfaat buah matoa berasal dari kandungan senyawa polifenol, seperti asam fenolat, flavonoid, tanin, saponin, dan alkaloid yang membawa banyak manfaat dikutip dari Healthline. 

Baca Juga: Wow! Inilah 5 Manfaat Buah Kelengkeng Merah untuk Kesehatan

Selain kandungannya yang banyak, dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa manfaat buah matoa yang penting untuk diketahui, antara lain:

Melancarkan pencernaan

MAnfaat bua matoa yang pertama adalah melancarkan pencernaan. Buah matoa telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu melancarkan pencernaan. 

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang mudah diserap oleh usus, mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik, dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat pada usus. 

Membantu mencegah penyakit kronis

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi matoa yaitu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Matoa kaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan berfungsi melawan efek radikal bebas. Radikal bebas merupakan reaksi yang lazim terjadi di dalam sel-sel tubuh.

Menurunkan kadar gula darah

Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak buah matoa dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil.

Senyawa fenolik yang terkandung dalam ekstrak matoa diketahui mampu menurunkan penyerapan gula darah di usus, sehingga baik dikonsumsi untuk melindungi Anda dari penyakit diabetes. 

Baca Juga: Anda Perlu Tahu! Inilah 5 Makanan Pencegah Penyakit Katarak

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah matoa dalam menjaga kesehatan jantung datang dari efek antioksidan polifenol di dalamnya yang mampu mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).  

Dengan khasiat ini, Anda akan terlindungi dari penyakit kardiovaskular, termasuk gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. 

Melawan penyakit infeksi

Buah matoa ternyata juga berguna untuk melawan penyakit infeksi. Hal ini membuktikan buah ini dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. 

Manfaat ini kemungkinan berasal dari sifat antioksidan dan antibakteri yang ada pada ekstrak kulit matoa. 

Meski begitu, para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah matoa menjadi sumber bahan alami untuk antibiotik. 

Anda bisa mengonsumsi buah matoa dan perlu dibarengi dengan konsumsi berbagai buah dan makanan bergizi dan tinggi antioksidan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News