Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Blewah untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Blewah merupakan buah yang mudah ditemukan di banyak daerah, karena dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah.

Umumnya blewah sering dijadikan sebagai makanan penutup musim panas yang menyegarkan, menyehatkan, serta memiliki kandungan air tinggi yang membantu mencegah dehidrasi. 

Melansir Food and Drug Administration (FDA), blewah mengandung berbagai antioksidan, termasuk selenium, beta karoten, vitamin C, lutein, zeaxanthin dan kolin.

Baca Juga: Ingin Meredakan Asam Lambung? Ini 5 Makanan yang Bisa Meredakan Asam Lambung

Kandungan di atas tentunya memberikan manfaat pada buah blewah. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang harsu Anda ketahui, antara lain:

Menjaga kesehatan mata

Manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Kombinasi antioksidan blewah bisa membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya pada mata. 

Selain itu, zat ini memainkan peran pelindung dalam kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD). 

Mendukung tumbuh kembang janin

Manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah mendukung tumbuh kembang janin. Beragam nutrisi blewah juga bermanfaat untuk ibu hamil di masa awal kehamilan.

Kandungan nutrisi, seperti folat, protein, dan karbohidrat, pada buah blewah berkhasiat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf bayi, bayi lahir prematur, hingga berat lahir bayi rendah. 

Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah baik untuk kesehatan kulit. Karotenoid bermanfaat menghilangkan rasa sakit dan kerusakan kulit yang terkait sengatan matahari.

Pigmen ini juga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis halus, perubahan warna, dan keriput. 

Menurut Skin Cancer Foundation, karotenoid juga bisa mengurangi risiko kanker kulit. Alhasil, makan buah blewah secara rutin baik untuk kesehatan wajah dan kulit Anda. 

Baca Juga: Sederet Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Lancarkan Diet!

Menurunkan tekanan darah

Manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan buah blewah, misalnya kalium membantu menurunkan tekanan darah. 

Nutrisi-nutrisi penting dalam buah blewah, seperti serat, kalium, vitamin C, dan kolin memiliki peranan dalam mendukung kesehatan jantung Anda. 

Mencegah sembelit

Manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah mencegah sembelit. Kandungan serat dan air pada buah blewah juga baik untuk melancarkan pencernaan.

Oleh karena itu, buah ini baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit.  

Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat juga dapat mencegah sembelit dan membantu Anda yang sedang menjalani diet agar merasa kenyang lebih lama tanpa mengonsumsi kalori berlebih. 

Itulah beberapa manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Konsumsi secara rutin agar mendapatkan khasiatnya untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News