HOME, Santai

Cari Tahu Yuk! Ini 4 Tips Agar Kembali Produktif Saat Alami Post Holiday Blues!

Cari Tahu Yuk! Ini 4 Tips Agar Kembali Produktif Saat Alami Post Holiday Blues!

MOMSMONEY.ID - Masih terjebak dalam situasi liburan tentunya bisa membuat hari-hari menjadi tidak produktif dan aktivitas menjadi terbengkalai.

Terjebak dalam situasi liburan ternya disebut dengan istilah post holiday blues. Melansir dari laman Very Well Mind, post holiday blues biasanya diikuti dengan perasaan sedih, tidak semangat stress ringan, depresi, dan kecemasan yang dirasakan setelah liburan panjang.

Namun tak perlu khawatir berlebihan, ada beberapa tips untuk mengatasi post holiday blues yang bisa dicoba ketika kehilangan semangat kerja setelah libur panjang.

Baca Juga: Ada 4 Tanda Seseorang Sedang Mengalami Insecurity, Berikut Ini Penjelasannya!

Istirahat cukup

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi post holiday blues adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup sehari sebelum beraktivitas normal kembali.

The Sleep Foundation menyatakan bahwa kualitas tidur yang jelek dapat menjadi penyebab depresi bahkan seseorang yang mengalami depresi biasanya memiliki masalah dengan pola tidur. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya gunakan waktu untuk beristirahat dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berolahraga

Cara lain yang bisa digunakan untuk meminimalisir dan mengatasi post holidy blues adalah dengan melakukan olahraga. Lakukan olahraga ringan sebelum memulai aktivitas atau setelah beraktivitas sebagai sarana pelepas stress.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, perasaan senang dapat dikembalikan melalui kegiatan aktif seperti berolahraga atau sekedar jalan. Kegiatan aktif tersebut membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon endorphin yang membantu meningkatkan mood.

Baca Juga: Ingin Adakan Halal Bihalal? Jangan Lupa Persiapkan 4 Hal Berikut Ini Ya!

Jadwalkan kegiatan lain

Cobalah juga untuk menjadwalkan kegiatan seru dalam beberapa hari ke depan agar memiliki motivasi dan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Beberapa kegiatan yang dilakukan sendiri maupun bersama teman biasanya akan membawa perasaan tidak sabar yang membuat pikiran menjadi ter-distraksi dari pikiran mengenai liburan panjang yang telah berlalu.

Refreshing

Laman Psychology Today menyarankan untuk melakukan beberapa kegiatan di luar rumah agar bisa terhindardari perasaan yang muncul saat mengalami post holiday blues.

Cara ini dapat digunakan sebagai cara untuk mengembalikan energi dan semangat produktif setelah menjalani liburan yang panjang. Refreshing dapat dilakukan dengan mudah seperti mengunjungi taman, menikmati suasana sore hari, maupun hanya dengan jalan-jalan di sekitar rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News