Cari Tahu Penyebab Tanaman Tidak Bisa Berbuah di Sini

Sumber: Networx,Pertanianku
Rabu, 15 September 2021 | 11:05 WIB
Cari Tahu Penyebab Tanaman Tidak Bisa Berbuah di Sini

ILUSTRASI. Ini Alasan Tanaman Berbuah Tidak Bisa Berbuah.

MOMSMONEY.ID - Di masa pandemi ini banyak masyarakat yang memilih menanam sendiri sayuran dan buah-buahan untuk dikonsumsi sendiri. Tentu merawat tanaman buah membutuhkan kesabaran dan perhatian yang lebih ekstra.

Sebab kalau tidak, tanaman bakal gagal berbuah. Tapi kalau tanaman Anda tidak berbuah, tak perlu panik ya Moms, karena bisa diatasi kok.

Nah, sebelum melakukan sesuatu kepada tanaman. Ada baiknya Anda mengetahui penyebab tanaman tidak menghasilkan buah. Berikut beberapa penyebabnya.

Baca Juga: Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyiram Tanaman

Masalah Penyerbukan

Bagi tanaman berbuah, bunga adalah alat yang digunakan untuk membuat benihnya. Proses pembentukan benih ini disebut penyerbukan, yakni tindakan mentransfer serbuk sari dari kepala sari bunga jantan ke kepala putik betina.

Tanpa proses ini, bunga betina tidak akan menyemai benih dan menghasilkan buah. Masalah penyerbukan yang gagal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti angin, suhu, dan tidak adanya kehadiran penyerbuk asli seperti lebah dan kupu-kupu.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga menanam tanaman bunga bernektar, sehingga penyerbuk tersebut tertarik untuk mampir di kebun Anda.

Cuaca Buruk

Alasan berikutnya yang menyebabkan tanaman berbuah Anda enggan berbuah adalah kondisi cuaca. Dilansir dari Networx.com, kondisi panas, dingin, kering, atau basah yang tidak biasa dapat mengganggu produksi buah.

Angin dan panas dapat mengeringkan tanah dan menghanguskan tanaman. Sementara kelembapan yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan menarik hama tertentu.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Busuk Batang pada Tanaman Pangan dan Cara Mengatasinya

Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Pupuk

Tanaman perlu diberi pupuk untuk memberikan nutrisi tambahan yang menipis. Jika Anda tidak memberikan nutrisi yang cukup, jelas tanaman akan sulit berbuah. Meskipun berbuah, pasti buahnya akan kecil dan sedikit. Bahkan akan sulit bertahan sebelum benar-benar matang.

Namun, pupuk yang berlebihan juga akan membuat tanaman tidak berbuah. Contohnya seperti kelebihan pupuk N (nitrogen). Dilansir dari pertanianku.com, kelebihan pupuk N (nitrogen) bisa membuat tanaman tumbuh terlalu rimbun.

Tanaman yang rimbun akan membuat tajuk tanaman kurang mendapat sinar matahari, hal ini berdampak pada proses fotosintesis yang akan menyebabkan tanaman kurang menghasilkan karbohidrat.

Akibatnya, tanaman akan berbunga sedikit atau tidak sama sekali. Selain itu, nitrogen yang berlebihan juga menekan pertumbuhan vegetative yang merugikan produksi buah.

Namun kekurangan nitrogen dan kelebihan kalsium dalam tanah juga tidak baik. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan gugur bunga. Artinya tanaman banyak tumbuh bunga, tetapi tidak bisa berbuah.

Selanjutnya: Begini Ciri-Ciri Tanah yang Subur dan Siap untuk Ditanami

 

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru