CLOSE [X]
ads

Cari Tahu Penyebab Rambut Kering dan Mengembang di Sini

Sumber: Garnier
Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:25 WIB
 Cari Tahu Penyebab Rambut Kering dan Mengembang di Sini


MOMSMONEY.ID - Tidak hanya wajah, rambut juga merupakan salah satu penunjang penampilan bagi wanita. Saat mengalami kondisi rambut yang kering dan mengembang menyebabkan rambut menjadi susah diatur. Hal ini bisa membuat hari Anda menjadi buruk seharian. 

Mengutip garnier.co.id, ciri-ciri rambut kering adalah tampak kusam, kasar, rapuh sehingga mudah patah dan pecah-pecah, mudah kusut, dan mengembang.

Biasanya, rambut kering disebabkan oleh kulit kepala yang kurang memproduksi minyak. Namun, masih ada beberapa penyebab rambut kering dan mengembang lainnya, yaitu: 

Rambut kering

1. Faktor usia

Penyebab rambut kering dan mengembang pertama adalah faktor usia. Penyebab ini tentunya tidak dapat Anda hindari. Semakin bertambahnya usia secara keseluruhan kulit akan memproduksi minyak lebih sedikit, termasuk kulit kepala. Hal ini yang dapat membuat rambut menjadi lebih kering daripada biasanya.

Untuk mencegah rambut kering dan mengembang, Anda perlu melembabkan rambut dan kulit kepala dengan produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner dan masker rambut. 

2. Kondisi lingkungan 

Penyebab rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah kondisi lingkungan. Beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kering, di antaranya adalah iklim yang panas dan lembap, sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, sering tertiup angin, sering terpapar asap rokok, dan sering terpapar air laut atau air berklorin di kolam renang.

Selain menggunakan produk perawatan rambut, Anda dapat menutup rambut dengan topi atau payung. 

Baca Juga: 4 Cara Merawat Rambut Bergelombang agar Tampak Menawan

3. Perawatan rambut yang kurang benar

Selanjutnya, perawatan rambut yang kurang benar juga bisa membuat rambut menjadi kering dan mengembang. Perawatan rambut tersebut seperti keramas terlalu sering, menggunakan produk perawatan dan penataan rambut yang tidak sesuai untuk rambut kering, terlalu sering mengecat, mengeriting, atau meluruskan rambut menggunakan produk-produk yang terlalu keras untuk rambut, dan terlalu sering menggunakan alat-alat penata rambut dengan panas tinggi.

4. Masalah kesehatan

Penyebab rambut kering dan mengembang lainnya adalah adanya masalah kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan dapat membuat rambut tidak dapat mempertahankan kelembapannya, seperti gangguan makan dan masalah hormon. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru