Santai

Cari Tahu Beberapa Ide Self Care Sesuai Love Language Berikut Ini, yuk

Cari Tahu Beberapa Ide Self Care Sesuai Love Language Berikut Ini, yuk

MOMSMONEY.ID - Bingung ingin lakukan self care yang sesuai dengan kepribadian? Simak beberapa ide self care berdasarkan tipe love language ini.

Self care merupakan salah satu cara untuk memanjakan diri sendiri dengan melakukan banyak kegiatan yang disukai.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa kegiatan self care bisa disesuaikan dengan lima tipe love language yang dimiliki masing-masing orang.

Penasaran enggak, sih? Ini dia beberapa ide self care berdasarkan jenis love language:

Baca Juga: 6 Website Ini Sediakan Tes Psikologi dan Kepribadian Gratis, Coba yuk

Physical Touch

Dalam love language ini, coba lakukan kegiatan yang melibatkan sentuhan langsung baik dari diri sendiri maupun bantuan orang lain. 

Seperti melakukan skincare, message atau spa di salon, dan melakukan olahraga seperti yoga dan pilates adalah beberapa ide yang bisa dilakukan untuk self care dengan love language physical touch.

Act of Service

Act of service adalah sebuah love language yang lebih mengutamakan tindakan daripada perkataan.

Orang-orang dengan love language ini bisa melakukan kegiatan seperti bebersih rumah, mendekorasi ruangan, membersihkan lemari baju, hingga memasak sebagai ide kegiatan self care.

Intinya, adalah melakukan kegiatan yang bisa memuaskan hati serta menghilangkan beban dalam pikiran.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Bantu Tahan Lapar Lebih Lama Saat Diet, Sehat Semua

Quality Time

Aktivitas atau ide kegiatan seperti menghabiskan waktu untuk melakukan hobi, nonton film, tidur lebih awal, atau berjalan-jalan menikmati alam bisa dilakukan bagi orang dengan love language ini.

Selain itu, laman Self Care Seeker juga menjelaskan, orang-orang dengan love language ini akan mengapresiasi segala kegiatan yang dihabiskan untuk mengembangkan diri dan relaksasi tenang di rumah.

Receiving gift

Love language yang selanjutnya yaitu receiving gift juga dapat diterapkan untuk melakukan self care. Kegiatan seperti jalan-jalan, menikmati makanan enak, membeli barang impian, liburan, dan berbelanja bisa menjadi ide kegiatan self care dari love language ini.

Orang-orang dengan love language ini juga lebih memilih melakukan investasi terhadap diri sendiri melalui kado-kado personal.

Word of Affirmation

Orang-orang dengan love language ini, menurut laman She Knows, akan cocok untuk memiliki kegiatan self care seperti mempelajari dan mempraktekkan afirmasi pada diri sendiri.

Menulis jurnal, memberikan apresiasi pada diri sendiri, dan meditasi adalah ide self care lain yang bisa digunakan oleh orang dengan love language ini. 

Walau tidak mudah, namun cara ini dikenal efektif untuk menenangkan diri dari overthinking, anxiety, dan stres berlebih.

Itulah tadi sederet ide kegiatan self care sesuai dengan love language yang bisa dilakukan dengan mudah. Mulai praktekkan, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News